PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM BIDANG PENGEMBANGAN DIRI ISLAMI DI MAN WONOKROMO BANTUL

Siska Maryati, NIM.: 07410117 (2011) PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM BIDANG PENGEMBANGAN DIRI ISLAMI DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM BIDANG PENGEMBANGAN DIRI ISLAMI DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM BIDANG PENGEMBANGAN DIRI ISLAMI DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi siswa MAN Wonokromo Bantul di bidang pengembangan diri Islami. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka mengembangkan program pengembangan diri Islami dalam kegiatan ekstrakurikuler bagi para pengelola pendidikan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang pengembangan diri Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara serta membandingkan data hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis kegiatan pengembangan diri Islami dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAN Wonokromo Bantul antara lain pencak silat, KIR, dan pramuka. 2) Kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, KIR, dan Pramuka berperan dalam meningkatkan prestasi siswa dalam bidang pengembangan diri Islami. Peran tersebut yaitu peran pengembangan, rekreatif, sosial, dan kesiapan karir. Adanya keempat peran ini dapat meningkatkan prestasi siswa dalam bidang pengembangan diri Islam dengan mengembangan aspekaspek diri Islami yaitu intelegensi, jasmani, spiritual keagamaan, pribadi, emosional, sosial, bahasa dan seni. Prestasi yang diraih oleh siswa antara lain badan lebih sehat dan bersemangat, berpikir berdasarkan Qur’an Hadits, kecintaan terhadap Islam meningkat, kepribadian yang sesuai ajaran Islam, emosi terkontrol, rasa sosial dan seni tumbuh dan berkembang, serta kekayaan bahasa bertambah yang dapat berguna dalam komunikasi. 3) Dari prestasi-prestasi dalam bidang pengembangan diri yang sudah diraih oleh para siswa, tentunya tidak terlepas dari adanya faktor pendukung. Faktor pendukung tersebut meliputi dukungan pihak madrasah yang menyediakan fasilitas yang diperlukan, pembimbing yang berkompeten dan bersungguh-sungguh dalam membimbing siswa, minat siswa yang tinggi, fasilitas yang memadai, masyarakat yang menerima adanya kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Siswa, Pengembangan Diri Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Nov 2023 15:50
Last Modified: 20 Nov 2023 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum