HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR SERTA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

Ryan Teguh Waloyo, NIM.: 07480018 (2011) HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR SERTA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR SERTA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PEMBERIAN BIMBINGAN BELAJAR SERTA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berawal dari sebuah fakta menarik yang penulis dapatkan di lapangan dimana nilai mta pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MIN Wonosari tergolong amat baik, hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata ujian tengah semester tahuan pelajaran 2010/2011 yakni 75,59. Tetapi sungguh ironis jika kita melihat latar belakang pendidikan orang tua sisiwa yang mayoritas lulusan sekolah dasar tetapi mampu menghantarkan anak mereka mencapai nilai yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Pemberian Bimbingan Belajar dan Prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN Wonosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III dan orang tua siswa yang berjumlah 22 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Dalam menganalisis hasil penelitian yang meliputi meliputi analisis validitas dan reliabilitas, penulis menggunalkan bantuan sofware SPSS seri 17. Hasil analisis validitas angket menunjukkan dari 25 butir angket terdapat yang seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas masing-masing 0.815 untuk latar belakang pendidikan dan 0.782 untuk bimbingan belajar dan dinyatakan reliabel.. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi multi variabel. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap pemberian bimbingan belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas III MIN Wonosari. Hal ini terlihat dari hasil korelasi kedua variabel yakni menunjukkan angka 0.587. 2). Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas III MIN Wonosari. Hal ini terlihat dari hasil korelasi kedua variabel yakni menunjukkan angka 0.540. 3). untuk membuktikan ada tidaknya Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Pemberian Bimbingan Belajar dan Prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN Wonosari digunakan korelasi multi variabel antara variabel X (Latar Belakang Pendidikan Orang Tua) terhadap Y1(Pemberian Bimbingan Belajar) dan Y2 (Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN Wonosari) yang hasilnya menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Pemberian Bimbingan Belajar dan Prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN Wonosari. Hal ini terlihat dari hasil korelasi ketiga variabel yakni menunjukkan angka 0.585.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sedyo Santoso, S.S, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Bimbingan, Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: BAHASA > Bahasa Indonesia
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Nov 2023 15:50
Last Modified: 20 Nov 2023 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum