EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DENGAN METODE COOPERATIVE JIGSAW KELAS XI IPA I DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2010/2011

Rokani, NIM.: 07420002 (2011) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DENGAN METODE COOPERATIVE JIGSAW KELAS XI IPA I DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DENGAN METODE COOPERATIVE JIGSAW KELAS XI IPA I DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DENGAN METODE COOPERATIVE JIGSAW KELAS XI IPA I DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Suatu metode dalam proses pembelajaran merupakan faktor yang penting. Oleh karena itu, seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode pengajaran bahasa Arab yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang penerapan metode cooperative jigsaw di kelas XI IPA I MAN Yogyakarta III serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode cooperative jigsaw dalam pengajaran maharah al-qira’ah di kelas XI IPA I MAN Yogyakarta III. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tekhik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi. Adapun proses analisis data dengan analisa kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan metode cooperative jigsaw dalam pembelajaran maharah al-qira’ah melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Metode cooperative jigsaw dalam penelitian ini sangat efektif karena membuat siswa aktif, bertanggung jawab, dan dapat bekerja sama dengan teman sebaya mereka dalam satu kelompoknya. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode cooperative jigsaw diantaranya, faktor pendukung : Materi banyak yang bisa diajarkan, Tugas guru menjadi lebih ringan, Meningkatnya proses interaksi dengan orang lain, Siswa lebih tertarik untuk belajar maharah al-qira’ah, adapun untuk faktor penghambat: Ada sebagian siswa yang tidak membawa buku pegangan dan terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Maharah al-qira’ah, Pembelajaran Cooperative, Pembelajaran Cooperative Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:57
Last Modified: 29 Nov 2023 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum