NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Ridiyawati, NIM.: 07470054 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tujuan Pendidikan Islam yaitu untuk membina manusia agar menjadi makhluk sempurna yang sesuai dengan ajaran dan syariat Allah swt. Namun realitasnya dimasyarakat masih terjadi penistaan ajaran agama dengan cara menuhankan sesuatu selain Allah Swt. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan keimanan dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai Pendidikan keimanan yang ada dalam novel Bumi Cinta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan Pendidikan Islam yang berlandaskan nilai-nilai keimanan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakan (library research) dengan mengambil obyek yaitu novel Bumi Cinta berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan keimanan dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis isi,dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan Keimanan dalam novel Bumi Cinta, kemudian mendeskripsikan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Sumber data primer berupa novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Sedangkan sumber sekunder adalah hasil pemikiran Habiburrahman El Shirazy, buku-buku, skripsi, serta data-data yang relevan dengan nilai-nilai keimanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai–nilai yang terkandung dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah nilai Pendidikan iman kepada Allah, nilai Pendidikan kepada kitab-kitab Allah, nilai pendidikan kepada Rasul, nilai Pendidikan kepada hari akhir, nilai Pendidikan iman kepada qada dan qadhar. 2) Relevansi nilai-nilai Pendidikan keimanan dengan Pendidikan Islam. Sebagaimana ajaran Allah yang disampaikan melalui rasul-rasul-Nya yaitu untuk menegaskan tauhid kepada Allah Swt semata. Apapun paradigma pendidikan yang dipakai, lembaga Pendidikan bertanggung jawab untuk melaksanakan sistem pendidikan yang benar-benar bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didiknya untuk beriman dan menauhidkan Allah semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Novel, Tauhid, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 15:11
Last Modified: 14 Nov 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum