PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOND KIDS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS IV DI SDIT SALSABILA KABUPATEN PURWOREJO

Yusuf Ari Wardhana, NIM.: 06410132 (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOND KIDS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS IV DI SDIT SALSABILA KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOND KIDS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS IV DI SDIT SALSABILA KABUPATEN PURWOREJO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTBOND KIDS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS IV DI SDIT SALSABILA KABUPATEN PURWOREJO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran di sekolah diperlukan suatu metode pembelajaran yang nantinya siswa dapat tertarik dan tidak bosan dalam belajar. Seorang guru dalam menyampaikan materi perlu memilih metode mana yang sesuai dengan keadaan kelas atau siswa, sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan. Sehubungan dengan realitas yang terjadi, metode pembelajaran outbond kids menawarkan solusi dengan konsep pelatihan berbasis alam terbuka atau dengan kata lain bahwa proses pembelajarannya dilaksanakan di luar kelas. Metode ini banyak mengandung unsur permainan yang dikemas sedemikian rupa agar dapat dirasakan secara langsung oleh para peserta didik. Oleh karena itu penelitian skripsi ini meneliti tentang penerapan metode pembelajaran outbond kids sebagai upaya menumbuhkan kreativitas belajar siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana penerapan metode pembelajaran outbond kids dalam mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDIT Salsabila, Apa saja upaya guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar melalui penerapan metode outbond kids pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDIT Salsabila Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode outbond kids dan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDIT Salsabila Kabuspaten Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi dan menyajikan data sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode outbond kids dalam mata pelajaran PAI kelas IV di SDIT Salsabila purworejo dapat menumbuhkan kreativitas belajar. Hal itu terlihat dari semangat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI. Siswa merasa senang, tidak bosan dan tidak jenuh dengan cara belajar menggunakan metode outbond kids. Karena dalam metode tersebut terdapat permainan sederhana yang diterapkan. Rasa ingin tahu dan kreativitas menjadi terlihat dalam proses pembelajaran. Guru menerapkan metode outbond kids ini di luar kelas agar suasana pembelajaran menjadi lebih nyaman dan terkesan tidak monoton dan tidak bosan. Hasilnya pun siswa menjadi lebih senang dan semangat dalam belajar. (2) Upaya guru dalam menerapkan metode outbond kids sudah cukup sesuai dengan kondisi siswa sehingga dapat membuat siswa menjadi semangat dan tidak jenuh dalam belajar. Di antara upaya guru dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa adalah pemilihan jenis permainan yang sederhana dan sesuai dengan kondisi yang ada. Dengan permainan tersebut maka akan timbul kekompakan, kerja sama dan tolong menolong antar sesama temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Outbond Kids, Kreativitas Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 15:15
Last Modified: 14 Nov 2023 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum