EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N Lab UIN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Yus Janah, NIM.: 07470061 (2011) EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N Lab UIN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N Lab UIN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N Lab UIN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang efektifitas strategi belajar aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits yang berkenaan dengan urgensi penerapan strategi belajar aktif, proses pelaksanaan strategi belajar aktif, efektifitas strategi belajar aktif dalam meningkatkan motivasi pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Siswa MTs N Lab UIN Yogyakarta belum mampu mengaplikasikan sikap dalam materi yang telah diberikan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar aktif agar menjadi menarik, bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadits, anak kelas VIII MTs N Lab UIN Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1).Penerapan strategi belajar aktif sangat penting dalam pembelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII di MTs N Lab UIN Yogyakarta agar membuat siswa bisa lebih aktif di dalam belajar dan lebih mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. (2). Proses pelaksanaan strategi belajar aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang dilakukan oleh guru dengan melalui beberapa tahapan yaitu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan hasil yang maksimal. (3).Strategi belajar aktif yang digunakan untuk meningkatkan motivasi Al-Qur’an Hadits sudah efektif, sehingga siswa bisa lebih mudah di dalam memahami materi yang telah disampaikan. Adapun metode yang dipakai dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits adalah Card Sort, The Power Of Two, Diskusi, Tanya jawab, tugas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief M.Si
Uncontrolled Keywords: Belajar Aktif , Motivasi Belajar, Pembelajaran Quran Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 15:19
Last Modified: 14 Nov 2023 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum