PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NAK, MAAFKAN IBU TAK MAMPU MENYEKOLAHKANMU KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Yuliana, NIM.: 07410248 (2011) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NAK, MAAFKAN IBU TAK MAMPU MENYEKOLAHKANMU KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NAK, MAAFKAN IBU TAK MAMPU MENYEKOLAHKANMU KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NAK, MAAFKAN IBU TAK MAMPU MENYEKOLAHKANMU KARYA WIWID PRASETYO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

semakin parah, karena pendidikan saat ini ternyata belum mampu membentuk peserta didik yang berkarakter. Tujuan pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga mampu mendidik manusia seutuhnya. Keberhasilan melaksanakan tujuan pendidikan melibatkan banyak komponen salah satunya media, dalam hal ini karya sastra novel. Pesan yang terkandung dalam novel sarat akan nilai yang bisa digunakan untuk mentransformasikan nilai, terutama nilai pendidikan karakter. Permasalahan penelitian ini adalah pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo dan relevansi pendidikan karakter terhadap Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang isi atau nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu, kemudian menafsirkan relevansi pendidikan karakter dalam novel dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam karakter yang terkandung dalam Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu dan mengetahui bagaimana relevansi pendidikan karakter terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan mengkaji karya sastra novel berjudul Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode heuristik-retroaktif, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan hermeneutik dan content analysis terhadap makna simbolik karakteristik amanat pada novel, yang direlevankan dengan Pendidikan Agama Islam dan kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan kevalidan data dilakukan dengan sistem triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Macam-macam karakter yang ditemukan dalam Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo, dibagi menjadi tiga aspek, diantaranya: a) Aspek Keluarga, meliputi: rendah hati, amal shaleh, teguh hati, kerja keras, sabar, beriman dan bertaqwa, percaya diri, bersyukur, takut salah, dan menepati janji. b) Aspek Sekolah, meliputi: baik sangka, keikhlasan, rasa kasih sayang, sabar, dan bijaksana. c) Aspek Masyarakat, meliputi: kejujuran, ulet, pemaaf, bersemangat, beriman dan bertaqwa, dan tegas. (2) Pendidikan karakter yang direlevansikan terhadap Pendidikan Agama Islam ada beberapa komponen pendidikan diantaranya pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan dan metode pendidikan. Komponen tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi sistem pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Novel "Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu"
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:56
Last Modified: 29 Nov 2023 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum