HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KRISIS SEPEREMPAT ABAD PADA MAHASISWA DI D.I.YOGYAKARTA

Intan Nurfika Maulidya, S.Sos, NIM.: 21200011031 (2023) HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KRISIS SEPEREMPAT ABAD PADA MAHASISWA DI D.I.YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KRISIS SEPEREMPAT ABAD PADA MAHASISWA DI D.I.YOGYAKARTA)
21200011031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TEKANAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KRISIS SEPEREMPAT ABAD PADA MAHASISWA DI D.I.YOGYAKARTA)
21200011031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Krisis seperempat abad merupakan sebuah respon dari individu yang muncul pada fase dewasa awal dimana individu dihadapkan dengan realita kehidupan dengan adanya perubahan pada beberapa aspek seperti relasi, karir dan pilihan-pilihan untuk masa depan. Idealnya masa dewasa awal merupakan masa-masa produktif untuk individu, akan tetapi pada kenyataannya terdapat problematika tentang krisis seperempat abad khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir dan mahasiswa pascasarjana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tekanan teman sebaya dan efikasi diri dengan krisis seperempat abad pada mahasiswa di D.I.Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa skala dari masing-masing variabel yaitu tekanan teman sebaya, efikasi diri dan krisis seperempat abad yang dikembangkan dari beberapa aspek menurut para tokoh. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 106 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu snowball sampling dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tekanan teman sebaya dengan krisis seperempat abad, efikasi diri dengan krisis seperempat abad. Terdapat pengaruh positif antara tekanan teman sebaya dengan quarter liffe crisis yangmana semakin tinggi tekanan teman sebaya maka semakin tinggi juga krisis seperempat abad nya. Sedangkan efikasi diri berpengaruh negatif terhadap krisis seperempat abad, semakin tinggi efikasi diri maka akan semakin rendah krisis seperempat abad nya. Kedua variabel bebas menunjukkan sifat hubungan yang saling bertolak belakang dengan rincian nilai R Square sebesar 24.0% untuk tekanan teman sebaya dengan krisis seperempat abad, sedangkan efikasi diri dengan krisis seperempat abad berhubungan negatif dengan nilai R Square sebesar 45,4%. Pada penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dominan berhubungan dengan krisis seperempat abad.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: teman sebaya, efikasi diri, mahasiswa, generasi mileneal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Nov 2023 15:47
Last Modified: 15 Nov 2023 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum