MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs N PAKEM SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

Widian Astuti, NIM.: 07410038 (2011) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs N PAKEM SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs N PAKEM SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs N PAKEM SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode yang kurang variatif seperti ceramah, sehingga pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa kurang berminat, bosan, dan tidak semangat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar siswa kelas VII B MTs Negeri Pakem pada pembelajaran fiqih sebelum, ketika, dan setelah, menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara rinci tentang minat belajar siswa kelas VII B MTs Negeri Pakem pada pembelajaran fiqih sebelum, ketika, dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar MTs N Pakem, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS), Minat belajar fiqih siswa kelas VII B MTs Negeri Pakem Sleman mangalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap aspek yaitu: Aspek perasaan senang siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 76,16%, siklus II sebesar 85,08% dan siklus III sebesar 89,18%. Aspek ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 73, 63%, siklus II sebesar 76, 63% dan siklus III sebesar 88,55%. Aspek adanya perhatian dan antusias dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 67, 55%, siklus II sebesar 77,57% dan siklus III sebesar 83,18%. Aspek keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 69,67%, siklus II sebesar 79,32% dan pada siklus III sebesar 84,56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Fiqih, Pembelajaran Agama Islam, Model Pembelajaran, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:25
Last Modified: 16 Nov 2023 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum