PENGEMBANGAN KREATIVITAS PELAJAR MELALUI MEDIA FILM DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKA

Rendi Harison, NIM.: 07410247 (2011) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PELAJAR MELALUI MEDIA FILM DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS PELAJAR MELALUI MEDIA FILM DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS PELAJAR MELALUI MEDIA FILM DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan unsur-unsur kreativitas yang diperlukan dalam pengembangan pendidikan melalui kegiatan produksi film untuk kemudian diimplemetasikan pemanfaatannya dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini diawali dari kegelisahan penulis melihat kurang produktivitasnya kegiatan pengembangan pendidikan agama Islam pada abad ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, sehingga perkembangan keilmuan pendidikan agama Islam cenderung stagnan ditengah-tengah kemajuan global. Menurut penulis yang menjadi salah satu penyebab utama keilmuan pendidikan Agama Islam mengalami ketertinggalan kereta api globalisasi adalah tidak dikembangkannya kreativitas dalam pendekatan keilmuannya dan masih sulitnya mengintegrasikan dan menginterkoneksikan keilmuannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), peneliti melakukan studi terhadap kegiatan pengembangan pembelajaran melalui kegiatan produksi film di SMK N 7 Yogyakarta. Pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini mengambil satu sampel tim produksi Nyip Productions dan satu film pendek “Selembar Koran Kehidupan”. Subjek penelitiannya adalah pelajar sebagai tim produksi, film sebagai hasil kegiatannya, dan guru terkait. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan produksi film di SMK Negeri 7 Yogyakarta mampu mengembangkan sembilan unsur karakteristik dalam kreativitas dan juga memiliki empat manfaat dalam Pendidikan Agama Islam yang integratif. Sembilan unsur karakteristik dalam kretivitas yang berhasil dikembangkan adalah: Independent (mandiri dalam berpikir), curiositas (memiliki rasa ingin tahu), imajinatif, memiliki visi dan motivasi, terbuka untuk pengalaman baru, percaya diri, berani menghadapi resiko, memiliki sensitivitas, memiliki rasa humor dan kegembiraan. Kesembilan unsur tersebut dibutuhkan untuk menunjang kemajuan pendidikan Manfaatnya dalam Pendidikan Agama Islam adalah pertama memberikan arahan terhadap tercapainya tujuan pendidikan agama Islam berdasarkan PP RI Nomor 55 Th. 2007, PAI sebagai ilmu yang terintegrasi dengan pengetahuan, teknologi, dan seni. Kedua, film ini memiliki kandungan materi PAI tentang syukur kerja keras, sabar menghadapi cobaan, bertanggung jawab, dan menghargai waktu. Ketiga, dalam prosesnya kegiatan ini melibatkan empat metode, yaitu ; mengarang, diskusi, observasi dan role playing. Keempat, output akhir dari kegiatan ini adalah film. Film sebagai wujud produktivitas dan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang atraktif dan inspiratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Film, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:31
Last Modified: 16 Nov 2023 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum