PENDIDIKAN, CENDIKIAWAN DAN TRANSFORMASI SOSIAL (STUDI KRITIS PEMIKIRAN SOEDJATMOKO)

Ramahadin Damanik, NIM.: 06470017 (2011) PENDIDIKAN, CENDIKIAWAN DAN TRANSFORMASI SOSIAL (STUDI KRITIS PEMIKIRAN SOEDJATMOKO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN, CENDIKIAWAN DAN TRANSFORMASI SOSIAL (Studi Kritis Pemikiran Soedjatmoko))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN, CENDIKIAWAN DAN TRANSFORMASI SOSIAL (Studi Kritis Pemikiran Soedjatmoko))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi yang mengakibatkan krisis multidimensi dalam segala aspek kehidupan masyarakat sehingga menuntut peran pendidikan dalam melakukan proses transformasi sosial menuju kehidupan yang lebih baik. Soedjatmoko adalah salah satu dari sederet tokoh bangsa yang memiliki gagasan dan pemikiran yang humanis sekaligus transformatif. Berangkat dari kegelisahan inilah penulis merumuskan dua masalah. Pertama, bagaimana konsep pendidikan menurut Soedjatmoko. Kedua, bagaimana relasi pendidikan, cendikiawan dan transformasi sosial dalam pandangan Soedjatmoko. Dengan harapan agar ditemukan pemikiran dan konsep pendidikan menurut Soedjatmoko secara utuh dan dihasilkan sebuah bangunan relasional antara pendidikan, cendikiawan dan transformasi sosial dalam pandangan Soedjatmoko. Skripsi ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan metode analisis data deskriptif-analitik yang bertujuan untuk menemukan dan mengungkapkan inti, hakekat dan kebijaksanaan dalam memahami konsep pemikiran Soedjatmoko kaitannya dengan konsep pendidikan, cendikiawan dan transformasi sosial. Hasil penelitian ini adalah: (1) konsep pendidikan dalam pandangan Soedjatmoko adalah pendidikan yang bersifat partisipatif terhadap segenap kemampuan peserta didik menuju proses berpikir yang lebih bebas, kritis dan kreatif dengan melibatkan proses pendidikan dan pembelajaran dalam realitas sosial dan kultural masyarakat. Dengan tujuan untuk mempersiapkan manusia – manusia yang mampu hidup dan melakukan aksi – aksi tranformatif dalam kehidupan yang senantiasa berubah dan menyuguhkan tantangan – tantangan yang variatif dan kompleks; (2) relasi pendidikan, cendikiawan dan transformasi sosial dalam pandangan Soedjatmoko adalah model pendidikan yang dilaksanakan dengan prinsip demokratis dan berorientasi sebagai media mobilitas sosial dan kekuatan produktif (productive force) serta selalu terbuka dengan perkembangan ilmu pengetahuan, merupakan model pendidikan yang mampu melahirkan cendikiawan-cendikiawan yang memiliki kesadaran kritis-transformatif dan keterlibatan radikal terhadap realitas sosial yang terjadi dengan kemampuan profesionalitas serta senantiasa memegang teguh nilai-nilai dasar yang diyakini sebagai kebenaran, sehingga mampu berperan dalam mempengaruhi dan membentuk kehidupan masyarakat yang lebih unggul dan bermartabat serta mampu duduk berdampingan dengan bangsa-bangsa yang maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M,Agus Nuryatno, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Cendikiawan, Transformasi Sosial
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 16 Nov 2023 09:18
Last Modified: 16 Nov 2023 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum