UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL NGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Parasih, NIM.: 07480031 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL NGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL NGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL NGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi kognitif siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam proses pembelajaran IPS di kelas VA MIN Tempel Sleman. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa siswa yang mempunyai motivasi yang rendah akan berpengaruh pada prestasi yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai ulangan harian dan LKS yang masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VA MIN Tempel yang mana motivasi belajar siswa ini akan berdampak pada prestasi (hasil belajar) siswa. Proses pembelajaran ini menggunakan pembelajaran kooperatif (cooperative learning) model jigsaw. Dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi kognitif siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta semester II tahun ajaran 2010/2011. Data-data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa untuk data motivasi siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data prestasi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi diperoleh dari effec size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata post test siklus II. Hasil analisis motivasi siswa terjadi peningkatan pada rerata 5 indikator/unsur yaitu; rasa senang siswa dari 92,19% meningkat menjadi 94,89%, perhatian siswa dari 94,59 meningkat menjadi 96,40%, rasa tertarik siswa dari 93,99% meningkat menjadi 99,1%, rasa ingin tahu siswa dari 94,37 menjadi 96,40%, antusiasme siswa dari 91,38% meningkat menjadi 94,72%. Sedangkan hasil rata-rata persentase keberhasilan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 92,97% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 95,99% dengan kategori baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes penempatan sebesar 44,21 dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 68,38 dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 75,41 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS SD/MI, Model Jigsaw, Motivasi
Subjects: Ilmu Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:42
Last Modified: 16 Nov 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum