PENERAPAN SCREEN READER JAWS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Nur Ridwan, NIM.: 07410338 (2011) PENERAPAN SCREEN READER JAWS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SCREEN READER JAWS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SCREEN READER JAWS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah media ataupun teknologi merupakan saran yang paling pokok bagi mahasiswa tunanetra dalam pembelajaran, karena dengan media mahasiswaa tunanetra dapat belajar mandiri sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkan agar tercapai. Pendidikan kemandirian penting bagi mereka yang difabel atau orang yang memiliki kemampuan berbeda dari aspek pembelajaran, karena tidak selamanya mereka bergantung pada relawan ataupun orang awas. Penggunaan media dalam pembelajaran atau disebut juga pembelajaran bermedia dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, aksesibel, serta dapat belajar efektif dan efisien, serta optimal. Hal ini terdapat pada Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar di Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan media pembelajaran oleh dosen-dosen bagi mahasiswa tunanetra lebih bersifat audio karena sesuai dengan karakteristik tunanetra dalam belajar. 2) Pembelajaran dengan media screen reader Jaws bagi mahasiswa tunanetra bertujuan agar mahasiswa tunanetra dapat mempraktekkan penggunaan komputer dengan Jaws, dapat mengakses pembelajaran mandiri mata kuliah PAI, dan sebagai media yang valid dalam ujian mandiri, efektif, dan efisien, serta dapat meningkatkan motivasi belajar. Pemanfaatan screen reader Jaws dalam pembelajaran PAI dipakai ketika mahasiswa tunanetra mendapatkan softcopy materi perkuliahan dari dosen-dosen, serta untuk mengerjakan tugas, makalah dan menjawab soal ujian UTS dan UAS secara mandiri. 3)Faktor pendukung penggunaan media screen reader Jaws, merupakan media yang aksesibel bagi mahasiswa tunanetra, mengurangi ketergantungan terhadap relawan, mendukung validitas dalam evaluasi pembelajaran mandiri, meningkatkan motivasi belajar dan kebutuhan akademiknya. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan penggunaan media screen reader Jaws bagi mahasiswa tunanetra yaitu: media screen reader Jaws ini merupakan media komunikasi satu arah, suara yang dikeluarkan oleh Jaws yang ada di PSLD dan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan masih bergaya bahasa Inggris, serta belum dapat membaca tulisan dalam bentuk font Arabic dan rumus, serta masih kurangnya softfile yang digunakan sebagai sumber bacaan bagi mahasiswa tunanetra dengan menggunakan media screen reader Jaws. Belum ada tempat khusus ketika ujian mandiri dengan komputer screen reader Jaws.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofiq M.Ag
Uncontrolled Keywords: Screen Reader, Aplikasi JAWS, Pembelajaran, Difabel
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 09:46
Last Modified: 16 Nov 2023 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum