STUDI KESENIAN TOPENG IRENG DALAM MASYARAKAT KABUPATEN MAGELANG (SEBUAH TINJAUAN DARI SUDUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

Nur Chamid Fauzi, NIM.: 06410047 (2011) STUDI KESENIAN TOPENG IRENG DALAM MASYARAKAT KABUPATEN MAGELANG (SEBUAH TINJAUAN DARI SUDUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KESENIAN TOPENG IRENG DALAM MASYARAKAT KABUPATEN MAGELANG (SEBUAH TINJAUAN DARI SUDUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KESENIAN TOPENG IRENG DALAM MASYARAKAT KABUPATEN MAGELANG (SEBUAH TINJAUAN DARI SUDUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pandangan dan makna kesenian Topeng Ireng serta kehidupan sosial religius masyarakat Kabupaten Magelang, yang ditinjau dari Sudut Pendidikan Agama Islam. Latar Belakang penelitian ini adalah karena kesenian Topeng Ireng ini merupakan wujud adanya Kebudayaan di Kabupaten Magelang. Pandangan masyarakat selama ini adalah menganggap bahwa kesenian ini sebagai media hiburan saja, padahal lebih jauh lagi peranannya dalam kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Seperti isi dari kesenian Topeng Ireng terdapat Kandungan Pendidikan Agama Islam, meliputi syair, kostum, perangkat musiknya. Di sinilah peran Pendidik dalam menjadikan kesenian ini sebagai media untuk mendapatkan materi Pendidikan Agama Islam melalui kesenian Topeng Ireng. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pendidik PAI untuk menjadikan kesenian sebagai bahasan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Etnografis karena kegiatan pengumpulan bahan atau data dilakukan secara sistematis kepada obyek penelitian yaitu masyarakat Kabupaten Magelang, seniman Topeng Ireng, serta Dinas terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan Triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan model for dan model of. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kesenian Topeng Ireng berdasarkan Tinjauan Pendidikan Agama Islam terdapat nilai Pendidikan Aqidah, Ibadah, dan Akhlak. Nilai-nilai itu ditunjukkan pada syair yang dinyanyikan ketika pementasan. Selain itu, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam juga terdapat di dalam simbol-simbol, perangkat musik pengiring, kostum pakaian, dan gerakan tarian. Simbol dalam perangkat musik penggiring merupakan ajaran yang mengandung nilai-nilai Islami yang dijadikan alat untuk menyampaikan ajaran Islam. Simbol pada kostum pakaian merupakan wujud kehidupan masyarakat yang secara erat dikaitkan kepada jati diri atau kepribadian individu maupun masyarakat yang mengenakannya. Sedangkan simbol pada gerakan tariannya terdapat ajaran akhlak sebagi penghormatan kepada orang lain. Syair-syair lagu Pengiring Kesenian Topeng Ireng menunjukkan pada ajakan Percaya kepada Allah, dan percaya kepada Rosululloh, Rukun Islam, Mencari ilmu, Toleransi, dan Syukur. Kesemuanya merupakan bentuk nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam Kesenian Topeng Ireng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kesenian dan Kebudayaan, Topeng Ireng
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kesenian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 09:54
Last Modified: 16 Nov 2023 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum