PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENDEKATAN HUMANIS DI MAN WATES I KULON PROGO

Mutmainah, NIM.: 07410256 (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENDEKATAN HUMANIS DI MAN WATES I KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENDEKATAN HUMANIS DI MAN WATES I KULON PROGO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENDEKATAN HUMANIS DI MAN WATES I KULON PROGO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah MAN Wates I Kulon Progo merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mempunyai misi melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan humanis. Pendekatan humanis diharapkan membantu peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi-pribadi yang lebih manusiawi, bertanggung jawab, bersifat proaktif dan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendekrispsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan humanis, hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan humanis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif-analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis secara kritis segala fenomena yang ditentukan di lapangan sehingga menghasilkan kesimpulan penelitian yang obyektif. Adapun prosedurnya sebagai berikut: mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Komponen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Pendekatan Humanis di MAN Wates I Kulon Progo belum sepenuhnya tercapai dengan baik mulai dari komponen kompetensi, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Kesemua komponen pembelajaran tersebut, belum mampu mengembangkan ranah potensi peserta didik secara seimbang (kognitif, afektif dan perilaku). (2) Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Pendekatan Humanis sudah cukup sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan oleh guru PAI. Hasil pembelajaran PAI dilihat dari hasil post-test, hasil nilai ulangan harian dan hasil nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan humanis, yaitu: lingkungan pendidikan, guru PAI yang berkompeten, dan antusias siswa yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran PAI. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat, yaitu: pemahaman guru PAI tentang pendekatan humanis masih rendah, heterogenitas siswa dari segi tingkat pengetahuan dan pemahaman terhadap materi serta tingkat intelegensi siswa yang bervariasi dalam satu kelas, metode pembelajaran PAI masih bersifat konvensional, Jumlah murid yang terlalu banyak, sumber belajar PAI yang dimiliki Madrasah kurang memadahi, serta kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan media Informasi Teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj Susilaningsih, M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Humanis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 10:25
Last Modified: 16 Nov 2023 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum