MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA

Mushthofa, NIM.: 06410119 (2011) MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa quantum learning merupakan suatu metode dalam pembelajaran yang menggunakan variasi dalam mengajar, sehingga dengan adanya variasi baik tata ruang, gaya bahasa, dan lain sebagainya dapat membuat anak betah dan semangat untuk belajar, dan apa yang dipelajari dengan mudah diserap seta diterapkan. Metode quantum learning ini diperkenalkan oleh Bobbi Deporter. Quantum learning mengungkapkan bahwa setiap orang sebenarnya memiliki potensi otak yang sama besar dengan Einstein, tinggal bagaimana kita mengolahnya dan tak ada kata terlambat. Menurut quantum learning terdapat tiga modalitas belajar manusia, yaitu visual, auditorial, dan kinestetikal. Bila seseorang mampu mengenali tipe belajarnya dan melakukan pembelajaran yang sesuai, maka belajar akan terasa sangat menyenangkan dan memberi hasil yang sangat optimal. Pembelajaran dapat dilakukan diberbagai tempat dan tidak harus mengambil bentuk kelas sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pelaksanaan model quantum learning dalam pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta, bagaimana hasil dari model quantum learning yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul dan apa saja kendala-kendala Pelaksanaan model quantum learning dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru PAI SMP Negeri 1 Bantul yaitu Bapak H. Mahmudi, S.Ag dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan reduksi data dan triangulasi data. Hasil penelitian tentang penerapan quantum learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bantul ditunjukkan melalui dua cara yaitu : Pertama, hasil melalui komentar siswa, guru bidang studi lain, dan kepala sekolah. Kedua, hasil penilaian guru melalui aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Dari dua cara tersebut menunjukkan bahwa: (1) Siswa menyatakan merasa nyaman dan senang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa mampu menemukan gaya belajar, berani bertanya dan lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Guru bidang studi lain mengatakan bahwa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran PAI dengan model quantum learning siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. (3) Kepala sekolah berpendapat bahwa quantum learning ini sangat cocok dalam Pendidikan Agama Islam dan menunjukkan hasil yang signifikan. (4) Nilai Pendidikan Agama Islam siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik juga mengalami peningkatan setelah penerapan metode quantum learning dalam Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 10:39
Last Modified: 16 Nov 2023 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum