NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM UPIN &IPIN EPISODE I SAMPAI 6 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA

Nashihatin Misbahiyah, NIM.: 07470059 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM UPIN &IPIN EPISODE I SAMPAI 6 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM UPIN &IPIN EPISODE I SAMPAI 6 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM UPIN &IPIN EPISODE I SAMPAI 6 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berusaha mengungkap nilai-nilai pendidikan yang ada dalam film Upin dan Ipin yang beragam, seperti nilai-nilai pendidikan yang diantaranya, nilai keimanan, kesabaran, tolong menolong dan nilai toleransi. Dimana nilai toleransi yang ada dalam film ini sangat kuat, yang melengkapi perbedaan yang ada dalam hal budaya dan agama. Film ini terdapat keberagaman agama, diantaranya, Islam, Budha, Hindu dan Konghuchu, dari keberagaman agama tersebut dapat menciptkan kenyamanan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan film Upin dan Ipin yang terkandung nilai-nilai pendidikan Islam dan dirasa berimplikasi terhadap realita kehidupan saat ini. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mengungkapkan suatu masalah atau peristiwa sebagaimana adanya. Hasil penelitian ini ditekankan pada gambaran secara objektif tentang keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat yang lebih luas dalam penelitian ini, perlu disertai interpretasi-interpretasi yang kuat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika pragmatis, yaitu pendekatan yang memberikan perhatian utama terhadap peranan pembaca. Dengan indikator pembaca dan karya sastra, tujuan pendekatan pragmatis memberikan manfaat terhadap pembaca. Pengumpulan data dilakukan dengan upaya dokumentasi dan sumber-sumber yang berhubungan dengan objek yang diteliti terutama melalui audiovisual yaitu VCD film Upin dan Ipin. Hasil dari penelitian menunjukkan film Upin dan Ipin mengandung nilainilai pendidikan Islam yang sangat signifikan sehingga film tersebut aman untuk ditonton bagi masyarakat umum khususnya pada anak-anak. Diantaranya, (1) Pada dimensi spiritual mengandung nilai keimanan, keislaman serta nilai pendidikan untuk mencapai derajat kebaikan. Sedangkan pada segi akhlak mulia mengandung nilai pendidikan untuk bersikap jujur, ikhlas, bersyukur, pemaaf, berbuat baik kepada orang tua, senantiasa menepati janji, dan suka menolong. (2) dimensi budaya terdapat nilai pendidikan untuk memberikan teladan, saling menasihati, memberi manfaat dalam kehidupan bermasyarakat dan bertanggung jawab. Sedangkan implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Film Upin dan Ipin terhadap Pendidikan Islam dalam keluarga adalah pendidikan bagi anak: mempelajari shalat, puasa, mencintai Al-Qur’an dan selalu sabar dalam menghadapi segala sesuatu. sehingga bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Agus Nuryanto, MA. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Film "Upin &Upin", Pendidikan, Keluarga
Subjects: Media massa > Film
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:49
Last Modified: 16 Nov 2023 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum