NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM THE CHORUS

Mursidi, NIM.: 0547006804 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM THE CHORUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM THE CHORUS)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM THE CHORUS)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Idealnya, pendidikan—yang kemudian terejawantahkan salah satunya kedalam institusi sekolah—mengurus tiga aspek: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akan tetapi yang jamak terjadi, proses pendidikan di banyak sekolah masih menitik-beratkan pada wilayah kognisi semata, sehingga karakter serta penghayatan moral peserta didik terabaikan. Inilah salah satu alasan cukup besar dibalik fenomena individu-individu yang cerdas secara intelektual tapi rendah integritas moral dan kepekaan sosialnya. Kondisi timpang inilah yang kemudian melahirkan ide pendidikan karakter sebagai solusi dari masalah tersebut. Sosialisasi sudah digalakkan melalui seminar-seminar dan pencetakan buku. Hal yang unik ditengah gegap-gempita itu adalah menyarikan nilai-nilai pendidikan karakter dari sebuah film. Meskipun belum masif, tapi beberapa film menjadikan pendidikan sebagai tema utamanya. Sebut saja film Denias, Laskar Pelangi, Fredom Writer, TreeIdiot, atau Good Will Hunting. Dalam skripsi ini penulis meneliti film The Chorus sebagai objek materil dalam menyarikan intisari nilai-nilai pendidikan karakter, yang kemudian dipertemukan dengan kajian pendidikan karakter secara umum dan pendidikan Islam, guna mengukur tingkat relevansi diantara ketiganya. Dari bangun pikir tersebut, penulis menyusun dua pertanyaan penilitian yang akan dijawab dalam skripsi ini:(1) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam film The Chorus dan bagaimana metode penerapannya? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film The Chorus dengan Pendidikan Islam?Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Instrumen pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis, dengan induksi-deduksi sebagai metode pemaparannya. Dari hasil penelitian skripsi ini, didapat dua kesimpulan: (1)Nilai-nilai pendidikan karakter yang spesifik terdapat didalam film The Chorus antara lain: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu, kepedulian, kedisiplinan, kerjasama, sikap pantang menyerah, kemandirian, persahabatan, dan nilai kesopanan. Jika dilihat dalam kacamata teori pendidikan, semua nilai dalam film The Chorus ini diterapkan melalui metode yang beragam: metode eksplanasi, metode keteladanan, metode penentuan prioritas, serta metode penanaman atau penegakan kedisiplinan. Kesimpulan kedua (2), relevansi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan ranah Pendidikan Islam memiliki titik persinggungan di empat bidang:(a) Tujuan: kesesuaian dalam menciptakan individu yang berakhlak mulia,(b) Pendidik: kesepahaman peran pendidik sebagai figur penyayang, teladan, dan seorang motivator bagi peserta didiknya,(c) Materi: kesamaan penentuan akhlak atau moralitas sebagai prioritas dalam pendidikan, dan (d)Metode: yang secara garis besar menerapkan metode keteladanan atau uswah, metode eksplanasi teoretis, dan metode penanaman kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Film, Nilai Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:19
Last Modified: 21 Nov 2023 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum