SHARAF PRAKTIS METODE KRAPYAK DI KELAS XI A KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2010/2011 (KAJIAN MATERI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN)

Muhamad Misbahudin, NIM.: 07420023 (2011) SHARAF PRAKTIS METODE KRAPYAK DI KELAS XI A KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2010/2011 (KAJIAN MATERI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SHARAF PRAKTIS METODE KRAPYAK DI KELAS XI A KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2010/2011 (KAJIAN MATERI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SHARAF PRAKTIS METODE KRAPYAK DI KELAS XI A KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2010/2011 (KAJIAN MATERI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ṣaraf merupakan ilmu yang sangat penting untuk menunjang dan mempermudah dalam menguasai bahasa Arab. Karena begitu pentingnya ilmu tersebut, maka ilmu tersebut disebut juga dengan ilmu alat. Akan tetapi sampai saat ini banyak dari kalangan pelajar merasa kesulitan dalam mempelajari pelajaran tersebut khususnya Ṣaraf. Berangkat dari itu bapak Drs. Muhtarom busyro menyusun buku Ṣaraf yang bertujuan untuk mempermudah dalam mempelajari Ṣaraf khusunya untuk kalangan orang Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metodologi penyusunan materi buku Sharaf Praktis Metode Krapyak dilihat dari seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Terdapat banyak buku yang menerangkan tentang metodologi penyusunan buku yang baik. Namun karena keterbatasan peneliti, untuk analisis materi fokus peneliti adalah berdasarkan buku Pengajaran Bahasa Asing yang ditulis oleh Dr. Mulyanto Sumardi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berupa penelitian lapangan (Field research), menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Di samping itu juga buku ini dianalisis materinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi dalam buku Sharaf Praktis Metode Krapyak telah menerapkan seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi meskipun belum sempurna dan perlu adanya perbaikan terutama dari sisi presentasi dan repetisi. Implementasi pembelajaran buku tersebut pada kelas XI A Keagamaan Madrasah Aliyah Ali Maksum menggunakan metode deduktif dengan model pembelajaran kelompok. Evaluasi dan materi yang diajarkan di kelas tersebut sudah sesuai menurut kurikulum bahasa Arab yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Ilmu Ṣaraf, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:09
Last Modified: 16 Nov 2023 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum