ANALISIS KUALITAS SOAL UAMBN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Moh Mustaghfiri, NIM.: 07410144 (2011) ANALISIS KUALITAS SOAL UAMBN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UAMBN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UAMBN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Madrasah Tsanawiyah pertama kalinya dilaksanakan pada hari senin, 19 April 2010 yang diadakan selama 3 hari. Ketika UAMBN dilaksanakan untuk pertama kalinya, masih banyak terjadi kekacauan di lapangan. Salah satunya tentang kualitas soal UAMBN khususnya soal mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Dalam penyusunan soal tersebut terdapat beberapa soal yang tidak sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan soal yang baik (meliputi indikator kisi-kisi, dan seterusnya). Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang analisis kualitas soal UAMBN al qur’an hadits th. 2009 / 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Seberapa besar kesesuaian soal UAMBN AL Qur’an Hadits Th. 2009 / 2010 dengan kaedah-kaedah penulisan soal yang baik. 2) Berapakah proporsi materi kelas VII,VIII, dan IX yang dipakai dalam penyusunan soal UAMBN Al Qur’an Hadits Th. 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Tempat penelitiannya yaitu di MTsN Yogyakarta I, sumber data penelitian yaitu soal UAMBN Al Qur’an Hadits Th. 2009 / 2010, kisi-kisi soal, silabus materi kelas VII,VIII, dan IX. Pengumpulan data yaitu dilakukan dengan cara dokumentasi. Analisis data yaitu model deskriptif dan mengorganisir data yang diperoleh dari sumber data yang diteliti agar mudah ditafsirkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat beberapa soal UAMBN Al Qur’an Hadits Th. 2009 / 2010 yang masih belum sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan soal yang baik. Hal tersebut terbukti, dengan hasil analisis soal sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan yang baik sebanyak 32 soal atau 64% dan untuk soal yang tidak sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan soal yang baik sebanyak 18 soal atau 36%. 2) Proporsi indikator materi kelas VII,VIII, dan IX yang dipakai dalam penyusunan soal UAMBN Al Qur’an Hadts Th. 2009 / 2010 yaitu kelas VII sejumlah 28%, kelas VIII yaitu 33,3%, dan kelas IX yaitu 37%. Dari hasil prosentase tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa proporsi indikator materi kelas VII,VIII, dan IX yang terdapat dalam penyusunan soal dikatakan merata atau seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pendidikan, Hasil Belajar, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:17
Last Modified: 16 Nov 2023 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum