NILAI-NILAI SOSIAL DALAM Q.S. AL-MA‘UN MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Milda Amalia, NIM.: 07410035 (2011) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM Q.S. AL-MA‘UN MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI SOSIAL DALAM Q.S. AL-MA‘UN MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI SOSIAL DALAM Q.S. AL-MA‘UN MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa bangsa ini telah mengalami krisis sosial yang berkelanjutan. Umat Islam mengetahui segala ajaran Islam namun masih timbulnya konflik di masyarakat dipicu oleh banyaknya perbedaan golongan, kebencian, permusuhan, kekerasan, tawuran antar suku, kriminalitas, sikap individualisme, penindasan, dan lain sebagainya. Konflik tersebut akan mempengaruhi dunia pendidikan, pendidikan agama Islam khususnya. Pendidikan merupakan proses belajar sosial, belajar berinteraksi antar sesama perlu diperhatikan dengan porsi lebih. Solusi dari setiap permasalahan tersebut sumber tepatnya adalah Al-Qur’an dan Al-Hadis. Peneliti memilih surah Al-Mā‘ūn sebagai obyek penelitian ini, karena di dalamnya mengandung nilainilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengetahui secara kritis tentang nilai-nilai sosial yang terdapat dalam surah Al- Mā‘ūn dan aplikasinya untuk dunia pendidikan agama Islam. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi dari berbagai permasalahan sosial yang ada guna meningkatkan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengkaji tafsir Al-Mishbāh karya M. Quraish Shihab. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data-data tertulis dari M. Quraish Shihab dan buku-buku lain yang mendukung pemecahan masalah penelitian ini. Untuk teknik analisis data ini penulis menggunakan Analisis Isi (Content Analysis) dengan langkah analisis dari tahap deskripsi, induksi-deduksi, dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, nilai-nilai sosial dalam Q.S. Al- Mā‘ūn yang meliputi, (a) nilai kasih sayang terhadap anak yatim, miskin, dan siapapun yang lemah, (b) nilai kepedulian, merasakan peduli, kepekaan, serta merasakan penderitaan orang lain, (c) nilai tolong menolong, membantu dengan barang-barang yang bermanfaat, walau sekecil apapun diambil nilai manfaatnya, (d) nilai keikhlasan, keikhlasan dalam menjalankan ibadah ritual maupun ibadah sosial, tidak riya’. Kedua, aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam adalah dari aspek tujuan, yakni (a) pembentukan insan saleh yang beriman dan bertakwa untuk mengabdi kepada Allah swt., (b) kesalehan sosial, wujud manusia sebagai khalifah di bumi dan mengaplikasikan nilai-nilai sosial tersebut; aspek materi, yang meliputi (a) akidah akhlak, iman kepada hari akhir, materi akhlak kepada Allah dan kepada sesama manusia, (b) ibadah, materi ibadah sholat dan ibadah sosial dilaksanakan dengan keikhlasan karena Allah swt.; aspek metode yang meliputi (a) metode kisah-kisah, berupa kisah nyata atau kisah simbolik dan nantinya akan dipetik suatu hikmah yang dapat diambil, (b) metode nasihat dan keteladanan (panutan), berupa kalimat-kalimat yang dapat menyentuh hati dan pendidik sebagai panutan peserta didik, (c) metode pembiasaan, pembiasaan yang menjadi suatu tuntutan dalam pembelajaran dan merupakan proses menuju suatu kebiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Pendidikan Agama Islam, Tafsir Al-Mishbah
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:26
Last Modified: 16 Nov 2023 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum