OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Mega Aulia Usna, NIM.: 07480024 (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya perhatian terhadap keterampilan proses pengamatan siswa pada saat menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sehingga kemampuan siswa dalam peningkatan prestasi pun menurun. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses pengamatan dan kemampuan siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dan meningkatkan kemampuan melalui keterampilan proses pengamatan siswa kelas IV MI Sunan Pandan Aran setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Sunan Pandan Aran Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi siswa dalam melakukan keterampilan proses pengamatan IPA dan kemampuan pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Keterampilan proses pengamatan dan kemampuan siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Sunan Pandan Aran sebelum penerapan metode eksperimen berada pada kategori cukup. 2) Penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Sunan Pandan Aran dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 3) Adanya peningkatan kemampuan dalam pemahaman dan keterampilan proses pengamatan siswa pada pembelajaran IPA dengan metode eksperimen yang cukup signifikan. Peningkatan kemampuan melalui keterampilan proses siswa terlihat pada meningkatnya penggunaan indra secara aman, dapat memahami perbedaan dan persamaan pada percobaan, dapat mengenali urutan kejadian, dapat memahami percobaan secara detail. Oleh karena itu terjadi perubahan pada keterampilan proses pengamatan siswa dalam pembelajaran IPA sehingga kemampuan atau pemahaman siswa meningkat secara bertahap. Maka prosentase peningkatan keterampilan proses pengamatan siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen meningkat mencapai 43% sedangkan peningkatan kemampuan atau pemahaman siswa mencapai 28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Materi Energi-Gaya
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:33
Last Modified: 16 Nov 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum