PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA TUNANETRA DENGAN SISWA NORMAL (AWAS) DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Marni Sumarni, NIM.: 07420003 (2011) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA TUNANETRA DENGAN SISWA NORMAL (AWAS) DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA TUNANETRA DENGAN SISWA NORMAL (AWAS) DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA TUNANETRA DENGAN SISWA NORMAL (AWAS) DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar bahasa Arab siswa tunanetra dan siswa normal (awas) dan apakah terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara siswa tunanetra dengan siswa normal (awas) di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif, dengan mengambil data dari 15 siswa tunanetra dan 15 siswa normal (awas) sebagai subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah rumus persentase dan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa tunanetra dan siswa normal (awas) di MAN Maguwoharjo mempunyai motivasi yang cukup tinggi dalam belajar bahasa Arab. (2) Hasil perhitungan tes “t” dapat diperoleh Mean kelompok siswa tunanetra sebesar 123,1 dan Mean untuk kelompok siswa normal (awas) sebesar 110,3. Dari keduanya maka diperoleh Standar Error Mean sebesar 4,204 dari kelompok siswa tunanetra dan 1,860 dari kelompok siswa normal (awas). Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh Standar Error perbedaan Dua Mean kelompok sebesar 4,597. Sehingga diperoleh to sebesar 2,78 > t table sebesar 2,05 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan “diterima”, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) “ditolak” pada taraf signifikan 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa tunanetra dengan siswa normal di MAN Maguwoharjo Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Motivasi belajar bahasa Arab siswa tunanetra lebih tinggi daripada siswa normal (awas).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Siswa, Anak Tunanetra
Subjects: Psikologi > Motivasi
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:41
Last Modified: 16 Nov 2023 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum