USAHA SEKOLAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA

Marfungatun, NIM.: 07410129 (2011) USAHA SEKOLAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA SEKOLAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (USAHA SEKOLAH DALAM MENANGANI PROBLEMATIKA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas masa remaja. Masa remaja merupakan masa kritis identitas. Setiap remaja akan mencari jati dirinya dengan melakukan berbagai cara. Kadang cara yang ditempuh remaja adalah cara yang menyimpang dari aturan yang ada. hal tersebut mengakibatkan timbulnya masalah yang dialami remaja. Pendidikan formal salah satu tempat untuk belajar dan menemukan jati diri remaja, tetapi kenyataannya terdapat banyak kendala dalam lembaga pendidikan. Problematika siswa merupakan salah satu kendala dalam pendidikan yang harus segera mendapat penanganan, sehingga pendidikan dapat berjalan sesuai tujuan yang hendak dicapai. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah jenis masalah apa saja yang terdapat di MTs Muhammadiyah Wates, faktor apa saja yang mempengaruhi, dan usaha sekolah dalam menangani masalah yang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis masalah yang dihadapi siswa MTs Muhammadiyah Wates, faktor yang mempengaruhi siswa bermasalah, dan usaha sekolah dalam menangani masalah yang dihadapi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi tambahan bagi lembaga pendidikan formal (sekolah) dalam menangani problematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di MTs Muhammadiyah Wates Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan pengecekan terhadap kebenaran data dan penafsiran dengan melihat hasil wawancara antara guru BK dan kepala sekolah serta kenyataan muridnya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) jenis masalah yang terjadi di MTs Muhammadiyah Wates yaitu masalah individual, masalah social, masalah moral, dan masalah religious.(2) faktor yang mempengaruhi siswa bermasalah yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor sosial kultural. Dari ketiga faktor tersebut, maka faktor yang paling mempengaruhi siswa untuk berbuat masalah di sekolah adalah faktor keluarga. (3) Usaha yang dilakukan sekolah dalam menangani problematika siswa yaitu dengan melakukan tindakan Preventif dan tindakan Kuratif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Afiyah AS,M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika Siswa, Siswa, Usaha Sekolah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:46
Last Modified: 16 Nov 2023 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum