ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM 3 IDIOTS (MATERI, METODE SERTA KELEBIHAN DAN KELEMAHANNYA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AKHLAK)

Murniarni Tri Lestari, NIM.: 04410686 (2011) ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM 3 IDIOTS (MATERI, METODE SERTA KELEBIHAN DAN KELEMAHANNYA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AKHLAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM 3 IDIOTS (Materi, Metode serta Kelebihan dan Kelemahannya sebagai Media Pendidikan Akhlak))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM 3 IDIOTS (Materi, Metode serta Kelebihan dan Kelemahannya sebagai Media Pendidikan Akhlak))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bagaimana cara pendidik memberikan pendidikan dengan kemajuan zaman yang serba menggunakan teknologi. Salah satu hasil dari teknologi adalah film (gambar bergerak yang mengutamakan audio visual), dulu film berfungsi sebagai media hiburan saja, tetapi sekarang juga telah beralih fungsi untuk pendidikan dan penerangan. Dalam film ini untuk media pembelajaran pendidikan akhlak jenjang pendidikan menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi (PT). Dengan maraknya film saat ini, pendidik diharapkan mampu untuk memanfaatkannya sebagai bahan pendidikan disesuaikan dengan materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research), dimana penulis meneliti film 3 Idiots. Di sini, film 3 Idiots sebagai obyek formal penelitian yaitu menjadi obyek utama penelitian, sejauh mana memberikan pelajaran mengenai pendidikan akhlak, untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jenjang SMA dan PT. Penelitian ini digunakan untuk meneliti dan menganalisis pendidikan akhlak tentang materi dan metode, serta kelebihan dan kelemahan film 3 Idiots sebagai media pendidikan akhlak. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan obyektif (pendekatan yang menitikberatkan pada karya sastra itu sendiri), serta menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, serta menarik kesimpulan. Oleh karena itu pula, maka lebih tepat pula jika dianalisa menurut dan sesuai dengan isinya, atau menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat materi pendidikan akhlak dalam film 3 Idiots, yang meliputi pendidikan akhlak terhadap keluarga, pendidikan akhlak terhadap masyarakat, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan pendidikan akhlak terhadap sesama manusia. (2) Metode-metode pendidikan seperti metode nasihat(Mauizah), metode tanya jawab(Dialog), metode pemberian hadiah(Targhib), dan metode keteladanan. (3) Kelebihan dan kelemahan film 3 Idiots sebagai media pendidikan akhlak yaitu belum menampilkan seutuhnya tentang materi pendidikan akhlak (akhlak baik), masih banyak unsur kekerasan dan negatif yang tidak sepatutnya ditampilkan sebagai media pendidikan dan pembelajaran di sekolah, tetapi juga masih banyak akhlak baik yang ditampilkan sesuai dengan penelitian yang peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Film, Pendidikan
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:20
Last Modified: 21 Nov 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum