UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KLANGON TAHUN AJARAN 2010/2011

Mulyani, NIM.: 08480046-E (2011) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KLANGON TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KLANGON TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KLANGON TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah hitung bilangan sehingga mereka beranggapan matematika itu sulit dan membosankan. Hal ini disebabkan siswa tidak memahami dan menguasai tentang konsep nilai tempat bilangan. Oleh karena itu guru melakukan upaya meningkatkan penguasaan konsep nilai tempat bilangan dengan menggunakan alat peraga dekak-dekak pada siswa kelas II MI Ma’arif Klangon Kalibawang Kulon Progo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ma’arif Klangon tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada dengan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data dan penafsiran data menjadi kesimpulan.yang.bermakna. ………Hasil penelitian menunjukkan : 1) pelaksanaan penggunaan alat peraga dekak-dekak pada siklus I belum menunjukkan adanya peningkatan yang berarti, nilai rata-rata yang dicapai 61,4. 2) pelaksanaan pada siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai 64,5. 3) pelaksanaan pada siklus III menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan artinya nilai rata-rata yang dicapai 83,5 berarti telah memenuhi target yang ditentukan. Melalui penggunaan alat peraga dekak-dekak dalam mata pelajaran matematika dalam pokok bahasan nilai tempat bilangan pada siswa kelas II MI Ma’arif Klangon dapat meningkatkan penguasaan konsep nilai tempat bilangan sebesar 58,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep, Tempat Bilangan, Matematika.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:22
Last Modified: 21 Nov 2023 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum