PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01

Muhwan Hariri, NIM.: 08480038 – E (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UASBN di tingkat SD dan MI, sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang pokok dikarenakan dapat menentukan kelulusan siswa MI Muhammadiyah kradenan 01. Di dalam pelajaran matematika terdapat materi tentang penghitungan volume. Seringkali dalam pengerjaan soal volume bangun ruang, siswa - siswa MI Muhammadiyah 01 mengalami kendala yang diakibatkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kesiapan siswa, kurangnya motivasi belajar, metode penyampaian materi , serta sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran. Perlu adanya upaya dalam penerapkan metode – metode pembelajaran yang tepat dan efektif untuk mencapai hasil maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah : Rendahnya kemampuan menghitung volume bangun dan ruang dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Kradenan 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan, siklus kedua terdiri dari dua kali pertemuan ,dan siklus ke tiga terdiri dari satu pertemuan. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diambil dari hasil tes dan lembar obsrvasi. Penelitian kualitatif adalah menguraikan data kuantitatif dan menguraikan proses yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, obserfasi dan wawancara. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil peneletian menunjukkan: 1) Kemampuan menghitung volume bangun ruang dalam pembelajaran matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Kradenan 01 tanpa menggunakan alat peraga kurang, dengan nilai rata-rata menghitung volume adalah 5,06. Siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai 6 hanya 25,00 %, sedangkan 75,00 % siswa mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal. 2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga pada pokok bahasan volume bangun ruang dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif dan efektif pada siswa kelas V MI Muhammadiyah kradenan 01. 3) Pembelajaran matematika dengan alat peraga pada pokok bahasan volume bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah kradenan 01. dengan adanya peningkatan efektivitas hasil dari pre-tes sampai siklus III sebesar 68,75 %, serta peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre-tes sampai dengan nilai siklus III yaitu sebesar 30,65, selain itu banyaknya siswa yang mendapatkan nilai di atas nilai kriterian ketuntasan minimal yaitu nilai 6 yang sebesar 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Volume Bangun Ruang, Pembelajaran Matematika, Alat Peraga.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:24
Last Modified: 21 Nov 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum