KONSEP INTEGRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD NATSIR)

Muhammad Musyaffa’, NIM.: 06410154 (2011) KONSEP INTEGRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN MUHAMMAD NATSIR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP INTEGRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Muhammad Natsir))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP INTEGRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Muhammad Natsir))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih banyaknya anggapan dari masyarakat yang mereduksi atau mempersempit arti, peran dan fungsi agama yang hanya sebatas pada ritual ibadah semata. Hingga ke ranah pendidikan pun dikotomi tersebut masih mengakar sampai kepada sistem pendidikan, lembaga, kurikulum dan materi yang ada dalam komponen pendidikan saat ini. Hal ini juga disebut sebagai dikotomi keilmuan yaitu pembedaan antara keilmuan agama dan keilmuan umum. Kenyataan praktek pendidikan saat ini banyak yang mereduksi dan menyempitkan arti agama itu sendiri. Konsep Integrasi keilmuan ini sangat gencar disuarakan oleh Muhammad Natsir di masanya. Natsir yang notabene terkenal sebagai tokoh politik ini mengungkapkan gagasannya yang visioner dalam pendidikan Islam. Hal inilah yang menjadikan penulis berkeinginan untuk meneliti pemikiran Natsir dalam pendidikan Islam. Sedangkan tujuan dari penulisan ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran pendidikan Islam serta mencoba merekonstruk atau mebangun kembali sistem pendidikan yang mendikotomikan peran agama sebagai sumber segala keilmuan, sehingga terbentuk mindset di masyarakat yang tidak mendikotomikan keilmuan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, (Library Research) studi kepustakaan, dengan objek kajian mengambil pemikiran pendidikan yang dikemukakan oleh Muhammad Natsir . Pengumpulan data ini adalah dengan teknik dokumentasi, yaitu cara yang dilakukan dengan mencari data-data yang berupa teks,catatan yang bersumber baik dari tulisan Muhammad Natsir sendiri maupun tulisan orang lain yang berkenaan dengan kajian ini. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yaitu upaya menafsirkan ide-ide dari Muhammad Natsir,kemudan ide-ide tersebut dianalisis secara mendalam untuk memeperoleh nilai positif dalam menjawab masalah masalah dalam penelitian ini. Pola berpikir yang digunakan adalah Induktif yaitu berangkat dari suatu pemikiran-pemikiran yang khusus kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Deduktif berangkat dari pemikiran yang bersifat umum kemudian ditarik suatu kesimpulan khusus. Hasil dari penelitian ini adalah :(1). Landasan Konsep Integrasi dalam Pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir adalah: (a) Landasan Ideologis. (b) Landasan Historis. (c) Landasan Politis. (d) Landasan Sosio-Kultural. (2). Konsep Integrasi dalam Pendidikan Islam Menurut Muhammad Natsir adalah: (a) Pendidikan Integral. Mencakup: Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, dan Metode Pendidikan Islam. (b) Pendidikan Harmonis, terletak pada tiga hal: Integrated Curriculum (kurikulum yang terintegrasi), dengan Mempersiapkan tenaga Pendidik Profesional, Penguasaan Bahasa Asing. (c) Pendidikan Universal, mencakup: Umat Islam harus menghilangkan dikotomi, serta Belajar boleh kemana saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integrasi Ilmu, Pendidikan Islam, Pemikiran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:28
Last Modified: 21 Nov 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum