SYNDICATE GROUP SEBAGAl MODEL PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS ll SEMESTER II MTsN MANYARAN WONOGIRl TAHUN PELAJARAN 2003/2004

ROIS SAIFUDDIN ZUHRI, NIM. 99454489 (2004) SYNDICATE GROUP SEBAGAl MODEL PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS ll SEMESTER II MTsN MANYARAN WONOGIRl TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SYNDICATE GROUP SEBAGAl MODEL PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS ll SEMESTER II MTsN MANYARAN WONOGIRl TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99454489_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (SYNDICATE GROUP SEBAGAl MODEL PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS ll SEMESTER II MTsN MANYARAN WONOGIRl TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99454489_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi be]ajar siswa yang ditunjang dengan ,~yndicate group dan dengan ceramah sebagai model pernbelajaran fisika serta berusaha mengungkap besarnya sumbangan kernampuan awal dan persepsi siswa tentang akhlaqul karimah terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini rnerupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian the post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A dan kelas Il B. Kelas II A sebagai kelompok eksperirnen yang diberi pembelajaran dengan syndicate group, sedangkan kelas II B sebagai kelompok kontrol yang diberi pembelajaran dengan ceramah. Penetapan subjek penelitian ini dilakukan secara random. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian yang diteruskan dengan uji beda rata-rata skor (BRS) dan analisis regresi ganda. Analisis-analisis tersebut dilakukan setelah dipenuhinya persyaratan analisis, yaitu uji homogenitas varians dan linearitas hubungan. Pada hasil analisis kovarian diperoleh hasil pengujian Fhit sebesar 5,419 dan F1ab sebesar 3,967 sehingga Fhit > Fiab· Pengujian BRS didapat ~ Y sebesar 4,588 dan BRStab sebesar 3,967 yang berarti bahwa ~ Y > BRStab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas II MTsN Manyaran Wonogiri pada pokok bahasan alat-alat optik antara pembelajaran dengan syndicate group dan pembelajaran dengan ceramah. Dalam hal ini prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan ::.yndicate group lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan ceramah. Variabel sertaan berupa kemampuan awal fisika dan persepsi siswa tentang akhlaqul karimah memberikan sumbangan yang positif terhadap prestasi belajar fisika sebesar 23,5%. Kata kunci: syndicate group, metode ceramah, kemampuan awal, persepsi akhlaqul karimah siswa, prestasi be/ajar fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof Drs. H. Suparwoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: syndicate group, metode ceramah, kemampuan awal, persepsi akhlaqul karimah siswa, prestasi be/ajar fisika.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2023 15:40
Last Modified: 16 Nov 2023 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum