KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAQ KARIMAH KEPADA SISWA SMA N 1 PLERET BANTUL

M. Machfud Arif, NIM.: 05410139 (2011) KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAQ KARIMAH KEPADA SISWA SMA N 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAQ KARIMAH KEPADA SISWA SMA N 1 PLERET BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAQ KARIMAH KEPADA SISWA SMA N 1 PLERET BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru PAI dalam pembinaan ahklak karimah kepada siswa. Dalam kenyataanya pembinaan akhlak tersebut membutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak yaitu guru bimbingan dan konseling dengan guru PAI yang mana saling tukar informasi tentang anak yang akhlaknya kurang baik atau bisa dikatakan melanggar norma-norma yang berlaku di sekolah. Oleh karena itu, perlu penanganan khusus guna memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh para siswa di sekolah SMA N 1 Pleret Bantul. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang bentuk kerjasama antara guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak akrimah kepada siswa di SMA N 1 Pleret Bantul, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Hasil penelitin ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui bagaimana penanganan terhadap akhlak karimah kepada siswa dengan pola tingkah lakunya. Peneilitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA N 1 Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi yaitu dengan menggunakan sumber informasi dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Bentuk kerjasama untuk melakukan pembinaan akhlak karimah kepada siswa berupa usaha preventif (pencegahan) dan kuratif (penyembuhan) terhadap siswa yang pola tingkah lakunya tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di sekolah serta tidak mempunyai akhlak karimah yang baik.(2) Faktor yang melatar belakangi kerjasama dalam pembinaan akhlak karimah kepada siswa mengacu pada faktor internal dan eksternal, adapun faktor internal yaitu : Guru bimbingan dan konseling membutuhkan bantuan guru pendidikana agama Islam yang lebih mengerti akan keadaaan dan kondisi akhlak setiap siswa. Sedangkan faktor ekternal yaitu : Kondisi lingkungan sekolah yang strategis menunjang siswa untuk melakukan kegiatan diluar jam pelajaran. (3) guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak karimah kepada siswa berupaya melakukan dengan pencegahan terhadap prilaku siswa yang menyimpang, membantu pembentukan pribadi yang mandiri serta membimbing dan membina siswa dalam pembentukan akhlak yang lebih baik. (4) Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pembinaan akhlak karimah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs Nur Munajat M.Si
Uncontrolled Keywords: Akhlak Karimah, Bimbingan dan Konseling, Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:56
Last Modified: 29 Nov 2023 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum