PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH DAN TPQ PLUS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Khusnul Isqi, NIM.: 06410025 (2011) PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH DAN TPQ PLUS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH DAN TPQ PLUS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH DAN TPQ PLUS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latarbelakang masalah penelitian ini adalah bahwa adanya kesenjangan antara idealitas usaha guru pendidikan agama Islam dengan tuntutan wali murid dalam menumbuhkan akhlak anak usia dini. Idealnya anak usia dini punya perilaku atau akhlak yang baik, namun kenyataan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam adalah bahwa ada sebagian anak usia dini yang belum berkelakuan baik, misalnya masih membolos, bermalas-malasan, ngobrol sendiri dan tidak mau masuk kelas. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah usaha-usaha apa yang dilakukan guru PAI dalam menumbuhkan akhlak anak usia dini serta bagaimana faktor-faktor yang menjadi hambatan dan penunjang guru PAI dalam menumbuhkan akhlak anak usia dini di Madrasah Diniyah dan TPQ Plus Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian data kualitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Diniyah dan TPQ Plus Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Setelah data terkumpul selanjutnya data tersebut diklasifikasi dan di analisis dengan menggunakan teknik analitik deskriptik, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang telah dikumpulkan, kemudian disusun dengan jelas dan selanjutnya di analisis. Dalam analisis data digunakan pendekatan berfikir iniduktif –deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) bahwa akhlak anak usia dini masih belum stabil, tidak konsekwen artinya mereka bisa berbuat baik tapi pada situasi lain mereka bisa juga berkelakuan tidak baik. (2) usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah dan TPQ Plus yaitu dengan melalui beberapa program-program yang berkaitan dengan proses pembelajaran di dalam kelas dan program-program pembelajaran di luar kelas yang tidak terlepas dari nilai-nilai keagamaan dan diharapkan mampu sebagai ikhtiar untuk menumbuhkan akhlak anak usia dini menjadi baik dan terarah. (3) faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam menumbuhkan akhlak anak usia dini di Madrasah Diniyah dan TPQ Plus, yaitu faktor penunjang; adanya daya imajinasi dan daya ingat anak usia dini yang masih sangat kuat, tingginya kesadaran orang tua terhadap agama dan keteladanan dari orang tua dan guru, adanya peranan orang tua dan guru yang saling melengkapi dan saling berkesinambungan, dan adanya kurikulum yang didesain khusus bagi anak tingkat usia dini, dan faktor yang penghambat; kurangnya kesadaran tingkat sosial ekonomi, kurangnya tenaga guru yang berpendidikan tinggi, kurangnya kontrol orang tua terhadap media tontonan yang banyak menarik anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Kholil, S.s M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Akhlaq, Anak Usia Dini
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:55
Last Modified: 29 Nov 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum