MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM SURAT AL-ANFAL AYAT 45-47 DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI

Khasna Mustafida, NIM.: 07410222 (2011) MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM SURAT AL-ANFAL AYAT 45-47 DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM SURAT AL-ANFÂL AYAT 45-47 DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MATERI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM SURAT AL-ANFÂL AYAT 45-47 DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan agar peserta didik dalam menghadapi berbagai tantangan pada zaman globalisasi ini peserta didik diharapkan tetap bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran islam yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Oleh karena itu al-Qur’an memberikan solusi bagi umat manusia yang relevan sepanjang zaman termasuk masalah materi pendidikan akidah akhlak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana materi pendidikan akidah akhlak dalam al-Qur’an surat al- Anfal ayat 45-47 menurut tafsir Al-Maraghi dan bagaimana aplikasi materi pendidikan akidah akhlak dalam al-Qur’an surat al-anfal ayat 45-47 dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis materi pendidikan akidah akhlak yang terkandung dalam Q.S Al-Anfal ayat 45-47 menurut tafsir Al-Maraghi dan untuk mengetahui lebih lanjut aplikasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Data yang diperoleh berasal dari sumber data primer dan sekunder. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Filosofis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tafsir Al-Maraghi. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan, setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dan ditafsirkan dengan menggunakan metode Tahlily. Hasil penelitian materi pendidikan akidah akhlak yang terkandung dalam surat Al-Anfâl ayat 45-47 menurut tafsir al-Maraghi meliputi: beriman, tsabat, dzikrullah, taat kepada Allah dan Rasul, berbantah-bantahan, perpecahan, sabar, ikhlas, riya dan sombong. Dalam penyampaian materi kepada siswa, seorang guru harus mengacu kepada al-Qur’an dan hadits. Jadi setiap usaha yang dilakukan oleh para ilmuan dalam rangka mengembangkan materi-materi pendidikan Islam, haruslah berlandaskan pada al-qur’an dan hadits. Dalam dunia pendidikan Islam, materi pendidikan akidah akhlak tersebut dititik beratkan pada pembentukan akhlak dengan cara anak mengetahui dan mempelajari materi akidah akhlak agar perilaku anak tersebut tidak mengalami penyimpangan. Oleh karena itu pendidikan akidah akhlak merupakan sebuah materi yang harus diterapkan dalam pendidikan Islam, karena dengan materi akidah akhlak tersebut dalam jiwa peserta didik akan timbul sebuah perilaku yang mulia dan dalam jiwa mereka selalu timbul suatu religiusitas untuk berperilaku yang positif dalam lingkungan seharihari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Materi Pembelajaran, Pendidikan Islam
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:55
Last Modified: 29 Nov 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum