PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Karsono, NIM.: 04410830 (2011) PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa indikator kepala sekolah yang profesional dalam mengimplementasikan MBS adalah dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari kesejahteraan sumber daya manusia (SDM) yang terjamin yakni gaji / penghasilan yang cukup. Kualitas pendidikan juga dapat dilihat dari pengelolaan keuangan yang baik. Realitas yang ada di SD Masjid Syuhada Yogyakarta, kesejahteraan SDM belum terjamin serta penglolaan keuangan juga belum terampil dan baik. Kemudian menjadi rumusan masalah adalah bagaimana profesionalisme kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di SD Masjid Syuhada Yogyakarta, apa saja kendala yang dihadapi kepala sekolah dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang profesionalisme kepala sekolah dalam mengimplemtasikan MBS di SD Masjid Syuhada Yogyakarta, kendala yang dihadapi dan solusinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai upaya dalam profesionalisme kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan secara deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profesionalisme kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS di SD Masjid Syuhada Yogyakarta dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yakni Perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), dan evaluasi/pengawasan (Controling) pada tujuh komponen manajemen dalam MBS yakni Manajemen Kurikulum dan Program Pemebelajaran, Tenaga Kependidikan, Kesiswaan, Keuangan dan Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Hubungan dengan Masyarakat dan Layanan Khusus. Hal ini dipaparkan bahwa Kepala sekolah memberikan bimbingan dalam menentukan silabus dan RPP yang sesuai dengan kurikulum yang dipakai yaitu KTSP; kegiatan pembinaan atau peningkatan kualitas tenaga kependidikan; merencanakan dan menetapkan segala kebutuhan sarana prasarana untuk memperlancar Kegiatan Belajar Mengajar; rencana kegiatan sekolah yang hubungannya dengan warga sekolah, komite, yayasan dan masyarakat atau yang meliputi kegiatan internal dan eksternal. (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS adalah: Kepala sekolah masih kesulitan mengelola tenaga kependidikan; Kepala sekolah masih kesulitan dalam pengelolaan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:54
Last Modified: 29 Nov 2023 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum