UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF SANGON

Muhammad Alvi Syukron, NIM.: 08480031-E (2011) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF SANGON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF SANGON)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF SANGON)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa, terutama pada materi pecahan sederhana, siswa kelas III MI Ma’arif Sangon Kulon Progo. Dalam pembelajaran guru lebih banyak berorientasi pada penggunaan buku paket saja, sehingga pembelajaran terkesan abstrak bagi siswa, siswa tidak menemukan makna dari materi pelajaran yang mereka pelajari. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan kontekstual, materi pelajaran dikaitkan se-optimal mungkin dengan kehidupan nyata yang dialami siswa sehingga siswa menemukan makna dari materi pelajaran yang mereka pelajari. Pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa juga dapat mengkongkritkan materi pelajaran sehingga siswa mudah dalam memahami konsep-konsep pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prestasi belajar matematika, materi pecahan sederhana di kelas III sebelum menggunakan pendekatan kontekstual. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika, materi pecahan sederhana di kelas III MI Ma’arif Sangon Kulon Progo (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran matematik, materi pecahan sederhana melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ma’arif Sangon Kulon Progo yang berjumlah 10 siswa dan guru kelas III bapak Zuliyanta, A.Ma. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak dua siklus dengan dua pertemuan untuk masing-masing siklus yang dilakukan secara kolaboratif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, test, wawancara, dokumentasi, serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan menarik kesimpulan dari makna tersebut. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Pelaksanaan tindakan dengan menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika menggunakan media gula jawa. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan tujuh komponen pembelajaran kontekstual. (2) Peningkatan prestasi belajar pada siklus I belum terlihat signifikan, karena masih banyak kekurangan dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan kekurangan tersebut peneliti melakukan perbaikan pada siklus II, sehingga peningkatan prestasi belajar siswa dapat meningkat cukup signifikan dibandingkan sebelum menggunakan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Belajar, Matematika, Pendekatan Konstektual
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:32
Last Modified: 21 Nov 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum