MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Ika Ratri Nofita Sari, NIM.: 07410189 (2011) MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini ialah bahwa kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri yang handal dalam upaya membentuk SDM yang berkualitas. Tanpa ada nilai kedisiplinan, sekolah hanya akan menjadi tempat berseminya berbagai macam konflik dan proses pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar sesuai keinginan. Penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis model pendidikan kedisiplinan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, hasil yang dicapai dari pelaksanaan tersebut, dan memaparkan tentang faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta sudah cukup baik. Siswa yang melanggar diberi sanksi dan pembinaan sesuai dengan tingkat pelanggaran. 2) Hasil dari model pendidikan kedisiplinan di SMP IT Abu Bakar menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mampu melaksanakan tata tertib sekolah dan asrama sebagai implementasi dari kedisiplinan. 3) Faktor pendukung pelaksanaan model pendidikan kedisiplinan adalah: a. Sistem/aturan sekolah yang baik, b. adanya sanksi yang jelas sesuai ketentuan yang berlaku, c. Adanya keteladanan dan kesadaran membimbing dari guru, d. Adanya program bimbingan semacam forum diskusi, mentoring, bimbingan langsung yang diberikan oleh guru BK, e. koordinasi yang baik dari seluruh pihak sekolah, f. Kesadaran siswa, g. Lingkungan sekolah yang bernuansa Islami dengan SDM yang baik yang sangat menjunjung adab, tata karma, dan sopan santun. Sedangkan faktor yang menghambat meliputi: a. tidak semua guru mampu bersikap tegas dalam menghadapi siswa yang melanggar, b.keterbatasan kemampuan untuk pengawasan, c. Orang tua yang jauh atau karena kesibukannya kurang memperhatikan anak, d. untuk mewujudkan kedisiplinan dalam ibadah seperti sholat tepat waktu yang menjadi hambatan yaitu keterbatasanya fasilitas wudlu sehingga mengahruskan adanya antrian, f. lokasi gedung sekolah yang dekat dengan jalan raya, game center, warnet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kedisiplinan, Model Pendidikan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:29
Last Modified: 17 Nov 2023 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum