NILAI-NILAI AGAMA DALAM KEGIATAN MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NAJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Humam Binnuroini, NIM.: 07410352 (2011) NILAI-NILAI AGAMA DALAM KEGIATAN MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NAJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI AGAMA DALAM KEGIATAN MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NAJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI AGAMA DALAM KEGIATAN MOCOPAT SYAFAAT EMHA AINUN NAJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan Mocopat Syafaat sebagai forum keilmuan yang mampu menarik ribuan jamaah setiap bulannya. Mocopat Syafaat mampu mengolah data dan penyampaian berbagai permasalahan yang berkembang dalam masyarakat dengan bahasa yang mampu dipahami berbagai elemen dan kemampuan dalam mengelaborasi seluruh permasalahan dengan nilai-nilai agama sehingga pemahaman terhadap agama menjadi humanis, terbuka, rahmatan lil alamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai agama yang terkandung dalam kegiatan Mocopat Syafaat Emha Ainun Najib dan menjelaskan bagaimana relevansi nilai-nilai agama yang terkandung dalam kegiatan tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar kegiatan Mocopat Syafaat di TKIT Alhamdulillah, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mengadakan reduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorisasikan, kemudian yang terakhir adalah mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan menafsirkan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat nilai-nilai agama dalam kegiatan Mocopat Syafaat, nilai agama Islam meliputi tiga unsur pokok yaitu nilai akidah yang meliputi nilai keimanan kepada Allah dan Alquran. Nilai syariah yang meliputi ibadah, pendidikan, kepemimpinan, muamalah dan kebenaran Islam. Kemudian nilai akhlak yang meliputi nilai akhlak kepada diri sendiri, orang lain, alam, dan Tuhan. (2) Terdapat relevansi nilai-nilai agama dalam kegiatan Mocopat Syafaat dengan pendidikan agama Islam karena sama-sama membentuk manusia untuk berkembang secara spiritual, intelektual, moral, serta berkepribadian muslim yang bertakwa dalam rangka melaksanakan tugas kekhalifahan dan peribadatan kepada Allah untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama, Pendidikan Agama Islam, Mocopat Syafaat, Emha Ainun Najib
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:37
Last Modified: 17 Nov 2023 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum