PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN

Hikmatul Laeli, NIM.: 07410304 (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Akhlak pada kelas VIII B di SMP muhammadiyah ini masih kurang termotivasi serta penyampaian guru dengan menggunakan pembelajaran yang masih konvensional sehingga menimbulkan kebosenan pada materi yang disampaikan, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun, dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu di adakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Learning Tournament dalam pembelajaran Akhlak dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Akhlak siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Prambanan sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) penerapan strategi Learning Tournament dalam pembelajaran Akhlak di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi Learning Tournament ini berjalan dengan lancar. Strategi Learning Tournament dalam pembelajaran ini mencakup 4 komponen yang meliputi belajar tim, kuis, peningkatan nilai individu dan penghargaan. 3) Adanya peningkatan motivasi siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek motivasi siswa pada observasi awal sebelum tindakan sebesar 52,78%, kemudian pada siklus I 77,78% dan siklus II sebesar 88,89% hal ini mengalami peningkatan cukup baik yaitu 36,11%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Learning Tournament
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:41
Last Modified: 17 Nov 2023 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum