ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEMESTER I MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Hikmatul Fitroh, NIM.: 07410034 (2011) ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEMESTER I MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEMESTER I MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEMESTER I MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil nilai ujian semester I mata pelajaran fiqih kurang memuaskan karena rata-rata nilai siswa masih di bawah standar yaitu 7,00 bahkan ada beberapa siswa yang mengikuti remidi disebabkan karena nilai siswa jauh di bawah standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian dari segi subtansi dan konstruksinya, sehingga dapat diketahui apakah soal ujian tersebut termasuk soal yang berkualitas yang dapat digunakan sebagai alat ukur yang baik atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan program ITEMAN dan SPSS untuk menghitung data statistik, sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan teknik panel. Analisis dilakukan berdasarkan segi subtansi dan konstruksi soal, dari segi subtansi tingkat validitas 12 soal tidak valid dan 28 soal valid, reliabilitas 0.633, tingkat kesukaran 0.639, daya pembeda 18 dan fungsi distraktor 54. Dari segi konstruksi butir soal yang tidak sesuai dengan kaidah umum sebanyak 13 soal yaitu sekitar 32.5%. Sedangkan butir soal yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa sebanyak 4 soal yaitu sekitar 10%. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Kualitas soal ujian semester I mata pelajaran fiqih masih tergolong rendah karena hasil analisis dari segi subtansi maupun konstruksi menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Hal ini dapat terjadi karena minimnya pengetahuan tentang cara-cara penyusunan soal sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan soal yang berlaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sukiman, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pendidikan, Madrasah, Pembelajaran Fiqih, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Hukum Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:44
Last Modified: 17 Nov 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum