ETIKA MENGAJAR DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN PEMIKIRAN SYAIKH HASYIM ASY’ARI)

Fuad Hasyim, NIM.: 05410085 (2011) ETIKA MENGAJAR DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN PEMIKIRAN SYAIKH HASYIM ASY’ARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA MENGAJAR DALAM KITAB ADĀB AL ‘ĀLIM WA AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN PEMIKIRAN SYAIKH HASYIM ASY’ARI))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA MENGAJAR DALAM KITAB ADĀB AL ‘ĀLIM WA AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN PEMIKIRAN SYAIKH HASYIM ASY’ARI))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah semakin banyaknya kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan terhadap anak didiknya (siswa). Kekerasan tersebut terjadi pada saat pembelajaran berlangsung dan peserta didik melakukan sesuatu yang oleh pendidik dianggap sebagai perbuatan yang tidak layak dilakukan. Untuk menyikapi beberapa perbuatan tersebut kemudian pendidik memberikan hukuman yang bersifat kurang mendidik. Padahal, pendidik seharusnya selalu memberikan suri tauladan yang baik (uswatun hasanah), sehingga perilaku yang baik itu dapat dicontoh oleh peserta didik sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah dalam dakwahnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana etika mengajar yang digagas oleh Syaikh Hasyim dan telah diabadaikan dalam kitan Adāb al ‘Ālim wa al Muta’allim, serta apa relevansi etika mengajar tersebut dengan pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai etika mengajar yang telah ditetapkan beberapa puluh tahun yang lalu oleh Syaikh Hasyim dan kemudian dikaji sisi relevansinya dengan sumber pendidikan islam yang utama, yaitu al-Qur’an dan hadits. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library Research), dengan obyek penelitian kitab Adāb al ‘Ālim wa al Muta’allim dan dengan didukung oleh beberapa kitab lain karya Syaikh Hasyim. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis) dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Mengajar adalah sebuah amal yang sangat mulia dan pahalanya akan terus mengalir sampai kapanpun setelah wafat, sehingga amal yang mulia tersebut harus pula ditempuh dengan cara yang mulai pula (2). Macam-macam etika mengajar terbagi menjadi tiga tiga bagian, yaitu etika membuka pelajaran, etika proses mengajar dan etika mengakhiri (menutup) pelajaran. (3). Pendidik harus berperan sebagai orang tua peserta didik ketika di sekolah, selalu menekankan pada pemahaman dan bukan hanya sekedar mengejar materi, selalu berupaya menemukan metode yang tepat dan mudah difahami, mengingatkan peserta didik yang melanggar dengan cara yang santun dan bijaksana. (4). Etika mengajar tersebut mempunyai relevansi dengan sumber Pendidikan Agama Islam, yaitu al-Qur’an dan hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika Mengajar, Pendidikan Islam, Pemikiran Syaikh Hasyim Asy’ari
Subjects: Akhlak - Etika
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:51
Last Modified: 17 Nov 2023 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum