IMPLEMENTASI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUREN KECAMATAN PLERET BANTUL

Feni Lestari, NIM.: 07410209 (2011) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUREN KECAMATAN PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUREN KECAMATAN PLERET BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SUREN KECAMATAN PLERET BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Sehingga, pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dan mendasar serta sangat menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab pendidikan anak usia dini merupakan pondasi dasar bagi pembentukan kepribadian anak. Dewasa ini guru mengajar dengan metode ceramah sudah tidak lagi relevan. Anak cepat menjadi bosan, mengantuk, dan jenuh. Akan tetapi, secara umum pembelajaran anak tetap pada metode pemaparan monolog dari guru, namun agar materi dapat dipahami oleh anak dengan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, maka digunakan metode penyampaian materi pembelajaran melalui menggambar, permainan, bercerita, menyanyi serta metode lainnya yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang implementasi metode bermain, cerita, dan menyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di TK ABA Suren Kecamatan Pleret Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar TK ABA Suren Kecamatan Pleret Bantul. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode bermain, cerita dan menyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di TK ABA Suren melalui beberapa kegiatan, yaitu permainan menyusun kata, menjodohkan gambar, cerita singkat Nabi Muhammad SAW, menyanyi lagu Allah Maha Pencipta, menyanyi lagu Assalamu’alaikum, menyanyi lagu rukun Islam, menyanyi lagu berwudhu, menyanyi lagu shalat, menyanyi lagu 25 nama Nabi dan Rasul. 2) hasil yang dicapai dari penggunaan metode bermain, cerita, dan menyanyi dalam pembelajaran PAI pada anak usia dini di TK ABA Suren Kecamatan Pleret Bantul adalah berhasil karena dalam penilaian perkembangan anak didik di TK ABA Suren pada indikator pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan 68, 2% bulat penuh, sehingga anak mampu melaksanakan tugas tanpa bantuan dari guru dan mampu mencapai indikator pembelajaran PAI sesuai yang diharapkan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan metode bermain, cerita, dan menyanyi, yaitu : a) faktor pendukung meliputi : keteladanan dari guru, pemberian reward atau hadiah, pemberian penguatan materi, dan variasi metode pembelajaran. b) Faktor penghambat meliputi : anak yang suka mengganggu dan ramai, dan anak yang terlalu pendiam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Cerita Dan Menyanyi (BCM), Pembelajaran Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 13:56
Last Modified: 17 Nov 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum