USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR MEMBACA Al-QURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Jusila Gusmiana, NIM.: 07470019 (2011) USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR MEMBACA Al-QURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR MEMBACA Al-QURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR MEMBACA Al-QURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Untuk menjalankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan, di sekolah terjadi proses belajar mengajar yang dijalankan oleh para siswa dan mengajar dilakukan oleh guru. Dalam proses dalam belajar mengajar guru harus bisa membangkitkan minat belajar siswa terhadap pelajaran tersebut. Salah satunya hal yang dapat mempengharuhi belajar seseorang adalah minat. Minat merupakan salah satu faktor yang mempengharuhi hasil dan proses belajar siswa. Dengan adanya minat siswa akan aktif dalam belajar. SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mengoptimalkan proses kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru PAI terus berupaya agar proses belajar mengajar yang terjadi bisa lebih optimal. Dengan berbagai usaha yang dilakukan diharapkan siswa tersebut bisa memiliki minat terhadap pelajaran Al-Qur’an dan siswa bisa aktif dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengharuhi minat belajar Al-Qur’an siswa, usaha-usaha dilakukan guru PAI dalam meningkatkan minat siswa belajar membaca Al-Qur’an, dan hasil yang dicapai guru PAI dalam meningkatkan minat siswa belajar membaca Al-Qur’an kelas X di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an, guru PAI dan siswa kelas X dengan jumlah 256 perserta didik. Faktor yang mempengharuhi minat siswa belajar membaca Al-Qur’an disini yaitu: 1. faktor internal, meliputi: Faktor Biologis dan Faktor Psikologis. 2. Faktor Eksternal, meliputi: faktor keluarga, Faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Hasil penelitian menujukan bahwa usaha guru dalam meningkatkan minat siswa belajar membaca Al-Quran yaitu memberikan motivasi, memberikan hadiyah, memberikan sangsi yang mendidik, menegakan disiplin, mengunakan metode yang bervariasi, dan menggunakan alat media mengajar. Hasil angket bahwa siswa yang senang belajar membaca Al-Qur’an sebelum ada usaha guru dalam meningkatkan minat sebanyak 66,66% atau 42 siswa, sedangkan siswa mengatakan senang dan senang sekali terhadap pembelajaran Al-Qur’an setelah ada usaha guru yaitu sebesar 90,47 % atau 57 siswa. Sedangkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, sebelum ada usaha guru dalam meningkatkan minat sebesar 70,94%, dan setelah ada usa guru sebesar 93,58 % siswa yang bisa membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil tersebut dapat maka dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an bisa dikatakan ada peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Usaha Guru, Minat Belajar, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:33
Last Modified: 21 Nov 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum