UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN MELALUI METODE MENCONGAK PADA SISWA KELAS II MI YAPPI RINGINTUMPANG, PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Istiana Hartati, NIM.: 08480037 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN MELALUI METODE MENCONGAK PADA SISWA KELAS II MI YAPPI RINGINTUMPANG, PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN MELALUI METODE MENCONGAK PADA SISWA KELAS II MI YAPPI RINGINTUMPANG, PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PENJUMLAHAN MELALUI METODE MENCONGAK PADA SISWA KELAS II MI YAPPI RINGINTUMPANG, PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Siswa-siswa MI YAPPI Ringintumpang pada umumnya dan kelas 2 khususnya, anak-anak pada tingkat pendidikan awal masih banyak mengalami kendala. Salah satu kendala yang dialami oleh siswa kelas 2 adalah pelajaran matematika pada sub bab penjumlahan. Anak-anak masih kurang cepat dan tepat dalam memperoleh hasil akhir. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika untuk kelas 2 adalah 5,5. Meskipun demikian, hanya ada 5 siswa dari 13 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Artinya, masih ada 9 atau 64% yang masih berada di bawah nilai minimal. Penelitian ini ertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan metode mencongak pada materi penjumlahan pada siswa kelas II di MI YAPPI Ringintumpang, dan 2) Peningkatan prestasi belajar siswa tentang materi penjumlahan melalui metode mencongak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tindakan yang diberikan adalah metode mencongak pada materi penjumlahan. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MI YAPPI Ringintumpang Kabupaten Gunungkidul. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertama, pembelajaran dengan metode mencongak pada mata pelajaran matematika pada materi penjumlahan dilakukan dengan memberikan soal-soal lisan yang dijawab secara tertulis oleh masing-masing siswa. Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode mencongak, kemampuan siswa MI YAPPI mengalami peningkatan. Kedua, Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,2% setelah menerapkan metode mencongak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Matematika, Metode Mencongak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:35
Last Modified: 21 Nov 2023 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum