UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS III MIN PATUK GUNUNGKIDUL

Faridah Ahmad, NIM.: 08480030-E (2011) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS III MIN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS III MIN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA PADA SISWA KELAS III MIN PATUK GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan tes secara yang dilakukan secara bersama kepada siswa kelas III, ternyata rata–rata kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas III kembali rendah, dan bahkan masih banyak dari mereka yang belum hafal atau lupa huruf hijjaiyah. Padahal sebelumnya mereka sudah hafal dan mampu membaca Al-Quran dengan baik. Padahal semenjak kelas I sudah mendapatkan mata pelajaran Al-Quran, dan bahkan berbagai kegiatan pada saat kelas I dan II juga telah dilakukan oleh guru PAI dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Hal tersebut dimungkinkan karena penggunakaan strategi atau metode yang belum tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan merupakan penelitian kolaborasi antara guru mata pelajaran dengan peneliti teman sejawat peneliti. Adapun setting dan obek penelitian adalah proses pembelajaran membaca Al-Qur’an kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Patuk Gunungkidul yang meliputi tindakan guru dan respon siswa. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisa data dilakuan melalui analisa deskriptif dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran siswa kelas III di MIN Patuk Gunungkidul dilakukan melalui tindakan kelas dengan menggunakan metode Iqra, yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam tiga siklus untuk melihat dan mengindikasikan perkembangan belajar membaca Al-Quran siswa. Tindakan kelas tersebut cukup berhasil karena setahap demi setahap siswa dapat mengikuti pelajaran tersebut dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode Iqra siswa lebih aktif dan memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru karena dalam hal ini siswa yang lebih banyak aktif dibanding guru. Kemajuan yang didapat siswa dalam tahapan pembelajaran membaca Al-Quran menunjukkan bahwa metode Iqra yang diterapkan dalam pembelajaran membaca Al-Quran cukup efektif karena berhasil membawa siswa pada peningkatan kemampuan membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Jauhar Hatta, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Al-Quran, Pendidikan Anak, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 14:30
Last Modified: 17 Nov 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum