NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA KARYA TETSUKO KURONAYAGI (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

Fakhyaruddin Massa Arghobi, NIM.: 06470074 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA KARYA TETSUKO KURONAYAGI (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA KARYA TETSUKO KURONAYAGI (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA KARYA TETSUKO KURONAYAGI (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya media yang bisa dimanfaatkan dalam penyampaian pesan pada saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi, salah satunya media cetak. Novel yang dianggap sebagai media penyampaian pesan nilai pendidikan, dewasa ini banyak sekali dimanfaatkan dan dianggap ampuh. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel bisa dijadikan media pendidikan untuk menambah moralitas masyarakat. Dalam novel Totto-Chan ini memiliki nilai-nilai pendidikan terutama nilai pendidikan sosial dan moral, yang secara tidak langsung diwujudkan dalam tingkah lakunya sehari-hari yang patut di contoh oleh para pembacanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil obyek kajian novel Totto-Chan Si Gadis Kecil di Tepi Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang nilai pendidikan yang tertanam dalam novel ‘‘Totto-Chan”. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang ada. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam novel Totto-Chan yang dijadikan sebagai obyek penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan. 2) Nilai-nilai pendidikan dalam novel Totto-Chan tidak disampaikan secara langsung, akan tetapi tercermin dalam setiap adegan dan kisah di dalamnya, sehingga novel tersebut tidak terkesan menggurui. Cara pengungkapan dan penyampaiannya yang jelas sehingga pembaca tidak harus menggali lebih dalam maknanya. Mungkin ini adalah salah satu corak pemikiran Tetsuko Kuroyanagi. 3) Nilai-nilai pendidikan dalam novel Totto-Chan diantaranya, nilai pendidikan sosial : Tolong menolong, menghargai orang lain, kasih sayang, ramah, menepati janji, kepedulian serta nilai pendidikan moral yang meliputi, kesopanan, tanggung jawab, jujur, berbakti pada orang tua, optimis.dengan penelitian ini, penulis berharap skripsi ini bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan khazanah keilmuan tentang pola pendidikan yang relevan dalam konteks pendidikan masa sekarang serta diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Novel, Media Pendidikan, Nilai-Nilai Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 14:53
Last Modified: 17 Nov 2023 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum