PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Erlinda Nuryastuti, NIM.: 07410194 (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang proses pelaksanaan, hasil yang dicapai, serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam yang ada di SMP tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek dari penelitian ini ialah pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta, secara garis besar dimulai dari kegiatan pembukaan, kegiata inti, dan kegiatan penutupan. Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI kelas VII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta belum berjalan dengan efektif dan kondusif. Hal ini dapat diketahui dengan masih adanya siswa yang sibuk sendiri, rame, tidur, dan lain sebagainya pada saat pelajaran PAI di kelas berlangsung. Guru PAI menggunakan metode pembelajaran yang monoton, sehingga siswa merasa jenuh pada saat proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar mempunyai ciri khas antara lain: Pertama, bahwa pembelajaran Keislaman juga terserap dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu umum. Kedua, adanya penggunaan metode Tah{sin/Ta}hfidz} Al-Qur’an untuk memberikan siswa kemampuan menghafal Al-Qur’an dan melantunkan Al-Qur’an dengan indah. Ketiga, adanya Sirah Nabawiyah untuk menjadikan siswa berkepribadian luhur sebagaimana kepribadian Nabi Muhammad SAW. Keempat, adanya suasana spiritual di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Keempat hal tersebut menjadi ciri khas di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, sehingga disebut sebagai Sekolah Islam Terpadu (SIT). (2) Hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta adalah cukup memuaskan, meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas kurang efektif dan kondusif, namun karena SMP IT Abu Bakar Yogyakarta merupakan Sekolah Full Day School dan Boarding School maka pembelajaran PAI tidak hanya dilakukan di kelas saja, di asrama program kepesantrenan berjalan dengan baik sehingga hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tidak jauh dari tujuan pelaksanaan pembelajaran PAI itu sendiri. Hasil yang diperoleh merupakan ukuran dari tercapaianya tujuan pembelajaran PAI yaitu bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI bertujuan untuk menciptakan siswa yang berkepribadian muslim dan berbudi luhur. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI kelas VII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam (PAI), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 14:57
Last Modified: 17 Nov 2023 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum