PEMANFAATAN MEDIA ICT (INFORMATION C0MMUNICATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADIST DI KELAS RMBI MAN YOGYAKARTA III

Alfian Fatoni, NIM.: 06410077 (2011) PEMANFAATAN MEDIA ICT (INFORMATION C0MMUNICATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADIST DI KELAS RMBI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA ICT (INFORMATION C0MMUNICATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADIST DI KELAS RMBI MAN YOGYAKARTA III)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA ICT (INFORMATION C0MMUNICATION AND TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADIST DI KELAS RMBI MAN YOGYAKARTA III)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Pemanfaatan Media ICT dalam Pembelajaran Qur’an Hadist di Kelas RMBI MAN Yogyakarta III. Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran Qur’an Hadist selama ini cenderung menggunakan metode ceramah. Metode seperti ini kurang memberikan arahan pada proses pencarian, pemahaman, penemuan dan penerapan. Sedangkan MAN Yogyakarta III pada tahun ajaran 2010/2011 telah membuka program kelas RMBI yang mana menerapkan pembelajaran berbasis ICT pada kurikulumnya. Dengan pemebelajaran berbasis ICT ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pemanfaatan media ICT dalam pembelajaran Qur’an Hadist di kelas RMBI MAN Yogyakarta III, bagaimana hasil dari pemanfaatan media ICT dalam pembelajaran Qur’an Hadist di kelas RMBI MAN Yogyakarta III dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media ICT dalam pembelajaran Qur’an Hadist di kelas RSBI/RMBI MAN Yogyakarta III. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pendidik Qur’an Hadist untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media ICT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan teknologi dengan mengambil subyek MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Pemanfaatan media ICT dalam pembelajaran Qur’an Hadist di kelas RMBI MAN Yogyakarta III, sejauh ini masih belum optimal. Hal ini terlihat dari sarana infarstruktur yang dimiliki belum 100% terpenuhi, akan tetapi pada prinsipnya sudah hampir mendekati standar yang ditentukan. Selain itu masih mudanya umur program kelas RMBI di MAN Yogyakarta III juga mengakibatkan masih sedikit terjadi kemiripan pembelajaran di kelas RMBI dan kelas regular, (2)Hasil dari pemanfaatan Media ICT dalam pembelajaran Qur’an Hadist di kelas RMBI MAN Yogyakarta III telah mencapai hasil yang signifikan, ini terbukti dengan rata-rata nilai MID semester kelas RMBI lebih bagus dibandingkan dengan rata-rata nilai MID semester kelas reguler, (3) Faktor Pendukung: a. Adanya dukungan dari pihak madrasah dalam bentuk tersedianya fasilitas berupa LCD Proyektor yang terpasang permanen di setiap kelas RSBI dan hotspot area di lingkungan sekolah. b. Setiap siswa RSBI adalah siswa pilihan, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi. c. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan baik mampu mendukung keberhasilan penyampaian materi dengan ICT. d. Adanya tambahan pelajaran TIK untuk kelas RSBI agar siswa lebih menguasai ICT. Faktor Penghambat: a. Kurangnya fasilitas sound. b. RMBI masih merupakan program baru. c. Sarana dan prasarana siswa belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media ICT, Pembelajaran, Pembelajaran Qur’an Hadist
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 15:21
Last Modified: 17 Nov 2023 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum