INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENANAMAN NILAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN)

Afidz Nurrohman, NIM.: 04410777 (2011) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENANAMAN NILAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENANAMAN NILAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS PENANAMAN NILAI DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa perkembangan era globalisasi yang semakin pesat semakin mengancam pula perkembangan religiusitas anak. Oleh karena itu perlu dilaksanakan proses internalisasi nilai-nilai Islam kepada siswa semenjak dini, baik secara kognisi maupun afeksi. Namun pada realitanya proses internalisasi nilai-nilai Islam yang dilaksanakan di sekolah masih concern pada proses pengembangan ranah kognisi saja. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Islam yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Demangan. 2) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan. 3) Apa saja faktor yang menghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan proses internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan proses internalisasi nilai-nilai Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Demangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas dan merupakan tanggung jawab seluruh pendidik. Adapun materi pokok internalisasi adalah tentang keimanan, ibadah dan akhlak. Proses tersebut dilakukan dengan cara : (a) menyusun dan memberlakukan peraturan sekolah sehingga tercipta suasana yang kondusif dan agamis; (b) internalisasi nilai di dalam kelas melalui pembelajaran agama (Al Islam) serta melalui pembelajaran umum (c) internalisasi nilai di luar kelas dilakukan melalui pembiasaan ibadah dan akhlak mulia serta dengan melalui keteladan pendidik dalam beribadah dan berakhlakul karimah; (d) internalisasi nilai-nilai Islam dilakukan menggunakan media slogan atau poster yang ditempelkan di setiap sudut sekolah. (2) Hasil yang dicapai dalam proses internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan masih belum maksimal. Hasil internalisasi nilai menunjukkan 56,7% siswa yang selalu melaksanakan ibadah dan berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, 36,3% kadang-kadang meninggalkan dan 6,9% sering meninggalkannya; (3) Faktor penghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Demangan meliputi faktor kesadaran dan motivasi siswa dalam belajar, faktor pengawasan dari guru yang kurang maksimal, faktor keluarga dan faktor pergaulan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj Susilaningsih, MA.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Religiusitas Anak, Ajaran Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 15:24
Last Modified: 17 Nov 2023 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum