UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011

Iranti Puspari, NIM.: 07480032 (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas dan motivasi belajar IPA siswa kelas V B MIN Tempel Yogyakarta, karena pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih klasikal yakni hanya menggunakan metode ceramah ketika pembelajaran. Diskusi kelompok sudah pernah dilakukan, akan tetapi kegiatan kelompok tersebut bukan merupakan pembelajaran kooperatif, karena tujuan dari kelompok hanya menyelesaikan tugas saja. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V B sebelum penerapaan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA di MIN Tempel, (2) Bagaimanakah pelaksanaan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA di kelas V B MIN Tempel, (3) Seberapa besar peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V B dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA di MIN Tempel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (class room risert). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B MIN Tempel Yogyakarta yang berjumlah 36 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana pada siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Data yang diperoleh dari lembar observasi, angket keaktifan dan motivasi belajar siswa, hasil wawancara guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) Keaktifan belajar siswa meningkat dengan kriteria sangat tinggi dengan persentase rata-rata setiap siklusnya sebagai berikut siklus I pertemuan pertama sebesar 77,64%, dan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 85,45%. (2) Motivasi belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata setiap siklusnya sebagai berikut siklus II pertemuan pertama sebesar 83,46%, dan pada siklus II pertemuan kedua sebesar 89,46%. Hasil tersebut menunjukkan bahwasannya penerapan model STAD pada pembelajaran IPA kelas V B mengalami peningkatan yang cukup signifikan baik dalam segi keaktifan maupun motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor pendukung dari keberhasilan penelitian ini adalah motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri serta guru dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Motivasi Belajar, Model STAD
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:41
Last Modified: 21 Nov 2023 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum