MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011 (Studi Kasus di Kelas 5 Sadewa dan Kelas 5 Lesmana)

LINDA NURIA - NIM. 07470003 (2011) MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011 (Studi Kasus di Kelas 5 Sadewa dan Kelas 5 Lesmana). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011 (STUDI KASUS DI KELAS 5 SADEWA DAN KELAS 5 LESMANA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011 (STUDI KASUS DI KELAS 5 SADEWA DAN KELAS 5 LESMANA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan dianggap sebagai sarana untuk mengembangkan dimensidimensi hakikat manusia secara utuh, dan pendidikan yang mampu untuk mengakomodir berbagai perbedaan dan latar belakang peserta didik adalah pendidikan inklusif. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa difabilitas adalah penghalang untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang sesuai. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif adalah SD Budi Mulia Dua Yogyakarta, sekolah ini mengakui bahwa setiap individu memiliki keunikan sendiri, sehingga ia mempunyai kemampuan untuk berkembang menjadi dirinya sendiri dan menggapai prestasinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inklusif dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta Kelas 5 Sadewa dan Kelas 5 Lesmana, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif interaktif dengan pendekatan psikopedagogik, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi dokumenter, dan triangulasi. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis isi atau analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inklusif yang diterapkan di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta Kelas 5 Sadewa dan Kelas 5 Lesmana adalah model kelas reguler, model kelas reguler dengan cluster, dan model kelas reguler dengan pull out yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan yang dimiliki oleh para siswa difabel yang ada. Berbagai model tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar para siswa, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusif di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Inklusif
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 14:33
Last Modified: 30 Nov 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum