PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MADRASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA

Indrawaty, NIM.: 07470007 (2011) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MADRASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MADRASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MADRASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Perpustakaan madrasah merupakan salah satu sarana pendukung yang sangat penting yang menjadi pusat informasi dalam proses pendidikan dan pengajaran. Akan tetapi perpustakaan ini kurang disadari dan didukung oleh sebagian besar lembaga-lembaga pendidikan, kalaupun disadari dan diadakan tetapi masih belum memperlihatkan fungsinya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat pemanfaatan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri Wates, menjelaskan usaha pustakawan dalam meningkatkan minat siswa agar memanfaatkan perpustakaan, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam memanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Tingkat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas VIII MTs N Wates masih belum maksimal hal ini dapat terlihat dari kunjungan siswa yang masih sedikti, sirkulasi peminjaman buku yang masih belum merata, dan kurang aktifnya siswa dalam menjadikan perpustakaan sebagai tempat belajar dan mengerjakan tugas. 2). Ada beberapa usaha yang dilakukan pustakawan dalam meningkatkan minat siswa agar memanfaatkan perpustakaan, yaitu melakukan promosi perpustakaan dalam lingkungan madrasah, memilih bahan koleksi yang menarik bagi pengguna perpustakaan, memberitahukan buku baru, men-display koleksi buku-buku terbaru di papan display, menata ruang dan melengkapi fasilitas perpustakaan, serta bersikap ramah kepada pengunjung. 3) Faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas VIII adalah rendahnya minat baca siswa di perpustakaan, kurangnya buku-buku pelajaran, tidak tersedianya fasilitas internet, tidak adanya motivasi dari guru, serta jam kunjung perpustakaan yang bertepatan dengan waktu shalat. Dan faktor pendukungnya adalah letak perpustakaan yang jauh dari keramaian, yang membuat suasana perpustakaan menjadi kondusif untuk tempat belajar, serta ruang perpustakaan yang luas yang bisa menampung banyak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Edy Yusuf Nur. SS, M.M, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Perpustakaan, Sumber Belajar
Subjects: Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:43
Last Modified: 21 Nov 2023 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum